Facebook Messenger Hadir di iPad, Aplikasi Untuk Android Siap Menyusul

Facebook Messenger

3 tahun sudah aplikasi Facebook Messenger resmi diluncurkan. Namun entah mengapa, selama 3 tahun tersebut, Facebook tak kunjung membuat aplikasi Facebook Messenger khusus untuk perangkat tablet. Sampai saat ini, mereka baru membuat aplikasi Facebook Messenger untuk perangkat smartphone seperti iPhone, dan lain-lain. Karena itu, bila kita menggunakan aplikasi Facebook Messenger di perangkat tablet, maka sebenarnya itu adalah aplikasi untuk smartphone dengan ukuran yang diperbesar. Hasilnya, pasti kurang nyaman saat kita menggunakannya.

Seperti sadar akan hal itu, baru-baru ini Facebook akhirnya meluncurkan juga aplikasi Facebook Messenger untuk perangkat tablet. Sebagai awal, mereka pun meluncurkannya untuk perangkat iPad, sedangkan aplikasi untuk perangkat Android akan menyusul kemudian.

Aplikasi Facebook Messenger untuk iPad ini mempunyai hampir semua fitur yang dimiliki oleh aplikasi Facebook Messenger sebelumnya. Sticker, panggilan lewat VoIP, dan navigasi untuk chat group, semuanya ada. Tak lupa, Facebook Messenger juga mempunyai koneksi langsung dengan aplikasi inti Facebook. Bila kita mengklik baris paling atas dari aplikasi Facebook Messenger, kita akan langsung berpindah ke aplikasi Facebook. Sebaliknya, bila kita menekan tombol Messages di aplikasi Facebook, kita akan langsung berpindah ke aplikasi Facebook Messenger.

Fokus ke Pengiriman Pesan

Dibuatnya aplikasi Facebook Messenger khusus untuk perangkat tablet, menguatkan opini kalau saat ini Facebook sedang memfokuskan diri pada pasar pengiriman pesan. Setelah mengakuisisi WhatsApp, yang merupakan aplikasi pengiriman pesan raksasa, dengan harga 19 Miliar Dollar, Facebook juga merekrut Presiden dari PayPal, David Marcus, untuk menjadi Wakil Presiden bidang Produk Pengiriman Pesan di Facebook.

Sampai saat ini, pasar pengiriman pesan masih dikenal sebagai pasar yang kurang menguntungkan. Sangat sulit untuk mendapatkan uang tunai dari para pengguna aplikasi pengiriman pesan. WhatsApp sendiri, sampai saat ini, masih mengandalkan pendapatan dari ‘tarif’ 1 Dollar (sekitar Rp 12.000) yang harus dibayarkan para pengguna setiap tahunnya. Dengan beralihnya fokus Facebook ke pasar pengiriman pesan, sepertinya tak lama lagi mereka akan menemukan cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi-aplikasi pengiriman pesan yang mereka punya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>