Facebook Mengeluarkan Stories untuk Aplikasi Mobile Mereka

Fitur terbaru yang diluncurkan Facebook hari ini semakin meneguhkan kehebatan konsep yang pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat : Stories. Sebelumnya, Stories sudah bisa ditemukan di Instagram yang juga merupakan aplikasi milik Mark Zuckerberg setelah dibeli lima tahun yang lalu dari tangan pendirinya Kevin Systrom dan Mike Krieger dengan nilai pembelian 1 milyar USD.

Stories

Stories yang dikeluarkan Facebook memang ingin melanjutkan keberhasilan mereka di Instagram yang pada bulan Januari 2017 silam mampu mengumpulkan 150 juta pengguna setiap harinya hanya dalam waktu lima bulan sejak pertama kali dirilis ke pasar. Tidak ada yang berbeda dari Stories di Facebook dibandingkan dengan di Instagram. Stories pada prinsipnya adalah kumpulan foto atau sebuah video yang akan muncul di atas News Feed pengguna. Dan seperti di Instagram juga, Stories di Facebook hanya bertahan selama 24 jam sejak pertama kali dikirimkan ke aplikasi.

Stories

Contoh tampilan Stories di Facebook

Dalam pengumuman yang ditulis oleh Connor Hayes, Product Manager dari Facebook ini diumumkan juga beberapa fitur tambahan lainnya untuk aplikasi mobile mereka.

Camera Effect

Mulai minggu ini di perangkat yang menggunakan iOS ataupun Android sebagai sistem operasinya, pengguna dapat mengetuk ikon kamera di pojok kiri atas dari aplikasi Facebook atau menggeser langsung dari News Feed pengguna untuk mencoba fitur kamera bawaan milik Facebook. Kamera Facebook dilengkapi dengan bermacam-macam efek seperti topeng, bingkai, dan filter interaktif yang dapat diaplikasikan kepada foto dan video anda. Efek reaktif memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan objek yang dinamis seperti misalnya salju yang jatuh dan efek gaya mengaplikasikan filter artistik pada video anda secara real time.

Wonder Woman Power Rangers Minions

Beberapa contoh efek topeng yang diperkenalkan oleh Facebook untuk kamera di aplikasi mobile mereka

 

Untuk semakin membuat penggunanya tertarik mencoba fitur baru ini, Facebook menggandeng beberapa merk ternama yang dalam waktu dekat akan meramaikan dunia layar lebar seperti Alien:Covenant, Despicable Me 3, Guardians of the Galaxy Vol. 2, Power Rangers, Smurfs: The Lost Village serta Wonder Woman untuk menghasilkan topeng-topeng yang lucu.

Direct

Direct

Tampilan dari Direct, fitur berkirim foto dan video untuk Facebook mobile

Untuk semakin melengkapi Stories yang baru diluncurkan di Facebook, dihadirkan juga Direct yang fungsinya untuk mengirimkan foto maupun video kepada akun-akun tertentu saja. Seperti halnya Stories, foto dan video yang dikirimkan melalui Direct akan bertahan selama batas waktu tertentu saja.

Jika anda mengirimkan foto atau video melalui Direct, teman anda akan bisa melihatnya, memutarnya kembali atau mengirimkan pesan balasan. Setelah percakapan ditutup, isi dari kiriman anda sebelumnya akan lenyap dari Direct.

Untuk ke depannya, Facebook ingin memperkenalkan berbagai cara baru bagi komunitas di Facebook supaya komunitas tersebut dapat menciptakan sendiri bingkai dan efek yang mereka ingin pergunakan saat memakai kamera dari Facebook.

Pertanyaan selanjutnya, apakah nanti akan ada aplikasi kamera yang berdiri sendiri di luar aplikasi Facebook mobil dan Instagram?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>