Facebook Lite, Aplikasi Ringan Facebook di Android Tembus Angka 100 Juta Pengguna Aktif


fblite100mFacebook Lite, versi ringan dari aplikasi Facebook di Android yang didesain untuk menjangkau para pengguna di daerah yang masih sangat terbatas akses jaringannya, berhasil menembus angka 100 juta pengguna aktif perbulannya pada bulan Maret 2016.

 

Keberhasilan ini diraih hanya dalam jangka waktu 9 bulan semenjak pertama kali dirilis pada bulan Juni 2015 silam. Facebook Lite, memiliki keunggulan utama berupa ukurannya yang sangat kecil. Jika aplikasi Facebook biasa menempati ruang hingga 150-200 MB, maka untuk Facebook Lite saat dirilis pertama kali hanya berukuran 1-2 MB. Sekarang, di versi 2.0 ukurannya sedikit  bertambah menjadi 2-4 MB.

 

 

Pada versi 2.0 , Facebook Lite telah dibekali kemampuan untuk dapat memutar video. Selain dukungan pemutar video, Facebook Lite terbaru juga telah mampu melihat emoji pada setiap kiriman maupun pesan yang ada. Tambahan lainnya adalah kemampuan untuk mengunggah beberapa gambar dalam satu kali unggahan dan kemampuan mengezoom gambar.

 

100 juta pengguna dalam sembilan bulan merupakan rekor terbaik untuk aplikasi mobile, melampaui pencapaian aplikasi Facebook yang utama. Pengguna Facebook Lite terbanyak berada di negara-negara seperti Brazil, India, Indonesia, Meksiko dan Filipina meskipun Facebook Lite tersedia di 150 negara di dunia.

 

Ketika ditanya tentang rencana untuk mengeluarkan Facebook Lite di platform iOS atau yang lainnya, Facebook tidak memberikan jawaban. Facebook hanya mengatakan bahwa untuk saat ini, para pengguna aplikasi Facebook Lite dapat melihat beberapa iklan.

 

Keberhasilan ini setidaknya menjadi sedikit angin segar bagi pihak Facebook karena salah satu produk mereka, Free Basics masih terus mendapat kecaman karena dituduh melanggar ketidakberpihakan internet. Salah satu negara yang sangat gigih melawan Free Basics adalah India.

 

Peningkatan apa lagi yang menurut Anda paling tepat diberikan untuk Facebook Lite?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>