Edison – Visi Intel Tentang Masa Depan

Intel EdisonMicrosoft pernah cukup populer dengan sebuah idiom, ‘Komputer di Setiap Meja’. Nah, pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) tahun 2014 ini, Intel mengeluarkan sebuah idiom baru: ‘Komputer di Segala Tempat’. Begitulah ternyata bagaimana produsen chip kenamaan itu memandang teknologi di masa depan. Tak puas dengan membuat chip komputer biasa, Intel mengeluarkan terobosan barunya berupa sebuah komputer dual-core yang hanya sebesar SD Card. Entah untuk mengingatkan kita pada sang penemu lampu untuk pertama kalinya, atau ada maksud lain, Intel memberi nama produk ini Intel Edison. Komputer ini nantinya akan mendorong perkembangan teknologi untuk Wearable Device yang sekarang sedang menjamur di mana-mana.

“Saat ini perangkat yang Wearable terhalang oleh beberapa masalah teknologi dan bagaimana cara menghubungkan diri dengan gaya hidup pengguna. Karena itu kami mencoba menawarkan inovasi teknik yang baru, dengan perangkat Intel di dalamnya.”Brian Krzanich, CEO Intel

Bagaimana spesifikasinya?

Intel Edison dipersenjatai dengan chip Intel Quark dual-core 22nm yang tidak butuh daya besar, sehingga cocok untuk digunakan dalam wearable device. Komputer ini sudah X-86-compatible, yang artinya bisa menjalankan beberapa sistem operasi. Untuk memori, Edison menggunakan DDR2 yang juga hanya menggunakan power yang kecil. Tak lupa, Wi-Fi pun sudah terpasang di dalamnya, sehingga bisa langsung terkoneksi dengan perangkat lain.

Dengan komputer super-mini ini, kita tinggal memasangkan sensor-sensor tertentu untuk kemudian diproses oleh Intel Edison dan diteruskan ke device-device lain yang terhubung dengannya. Salah satu contoh penerapan Intel Edison adalah dalam pembuatan Baby Monitor oleh Rest Devices. Baby Monitor itu bisa mengawasi pernapasan, suhu, dan posisi bayi ketika tidur. Dikemas dengan kemasan yang mungil dan lucu, serta bisa bertahan selama 5 hari tanpa perlu dicharge. Baby Monitor ini merupakan pasangan dari Smart Mug, yang bisa berubah warna sesuai dengan kondisi bayi anda. Menarik bukan?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>