Dropbox – Cloud Storage Yang Naik Daun

dropbox logoPada suatu hari, seorang pria bernama Drew Houston, hendak berangkat ke kantor seperti biasa. Di tengah perjalanan, ia baru sadar kalau ia lupa membawa sebuah benda kecil bernama FlashDisk, yang berisi semua data-data pekerjaannya. Akhirnya, pada hari itu ia tidak bisa mengerjakan apa-apa di kantor. Sejak saat itu, Houston mulai berpikir tentang sebuah alat penyimpanan data yang bisa kita akses di mana pun, tanpa harus membawanya kesana kemari.

Kejadian itu terjadi sekitar 5 tahun yang lalu, dan kini, 5 tahun berselang, Drew Houston berdiri di hadapan orang banyak dan dengan bangga mengatakan kalau Dropbox, alat yang ia buat karena pengalaman buruknya di tahun 2008 tersebut, kini telah mempunyai 200 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan penulis artikel ini pun salah satu pengguna Dropbox.dropbox user graph

Dari grafik di atas, kita bisa melihat bagaimana Dropbox berhasil menembus angka fantastis itu, dengan perjuangan yang tidak mudah. Selama 2 tahun pertama mereka berjuang untuk mencapai angka 4 juta pengguna (2010). Terus berkembang selama 2 tahun lebih, mereka akhirnya mencapai angka 50 juta pengguna di tahun 2012. Selebihnya, ketika semua orang sudah membicarakan mereka, peningkatan pengguna secara drastis merupakan hal yang wajar.

Apa sih istimewanya Dropbox?

Dropbox adalah sebuah startup yang memberikan layanan penyimpanan data secara online (cloud storage). Untuk bidang tersebut, sebenarnya sudah ada nama-nama besar seperti Google, Microsoft, Box, bahkan baru-baru ini Amazon juga meluncurkan layanan cloud storage. Keunggulan Dropbox dibandingkan dengan layanan yang lain adalah software yang aman, simpel, dan (benar-benar) bisa diakses di manapun. Bila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya, aplikasi dari Dropbox bisa membuat penyimpanan secara online serasa menyimpan di storage internal, tentunya bila anda mempunyai akses internet yang baik.

Sadar kalau mereka tidak bisa berkembang bila hanya berkutat dengan aplikasi personal, Dropbox juga mengembangkan bisnis di sektor perusahaan (enterprise). Perusahaan yang bekerja sama dengan mereka sampai saat ini telah mencapai angka 4 juta perusahaan. Bila anda mengenal daftar perusahaan besar Amerika yang disebut Fortune 500, 95% dari daftar tersebut adalah mitra Dropbox.

Untuk memperkuat dominasi mereka di bidang enterprise, Dropbox berniat meluncurkan Dropbox for Business, sebuah aplikasi yang bisa menggabungkan akun Dropbox Personal dan Dropbox Enterprise dalam 1 software. Pengguna cukup berganti tab (seperti yang ada di browser anda) bila ingin berpindah akun. Rencananya aplikasi ini akan siap digunakan pada awal tahun depan.

Aplikasi ini diperkuat dengan sistem notifikasi dan Sharing Audit Log, untuk memberi informasi terkait setiap perubahan yang dilakukan pada sebuah file, lengkap dengan data siapa yang melakukan perubahan tersebut. Ada juga fasilitas Account Transfer untuk memindahkan akses dari satu pengguna ke pengguna yang lain dalam sekejap. Fitur ini sangat membantu ketika ada salah seorang pengguna yang keluar dari perusahaan atau pindah ke divisi lain. Plus, ada juga fitur Remote Wipe, untuk menghapus data apabila ada device yang dicuri atau semacamnya.

Fokus Dropbox kini berganti, dari pengembangan produk menjadi perluasan pasar. Hingga saat ini, pasar utama Dropbox baru di negara asal mereka Amerika Serikat, padahal wilayah-wilayah seperti Asia dan Amerika Latin merupakan pasar-pasar yang cukup potensial untuk bisnis cloud storage. Dropbox pun membuka peluang investasi hingga 250 juta dollar untuk mewujudkan mimpi tersebut. Bila sukses, nilai jual Dropbox otomatis akan naik ke angka 8 Milyar Dollar !!

Penasaran bagaimana Dropbox bisa begitu besar? Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>