Di China, Ada 535 Kata yang Haram Dikirimkan Lewat Line

Internet Censorship

China memang dikenal dengan negara sejuta sensor. Setelah gagal membendung arus teknologi informasi yang begitu deras, mereka pun tak kehabisan akal untuk melakukan sensor terhadap kegiatan warganya di dunia maya. Bahkan, sensor tersebut terkesan membabi buta karen mencapai hingga membatasimkata per kata yang dikirimkan warganya lewat internet. Karena itulah, hampir semua penyedia layanan internet di China sangat berhati-hati dan berusaha sebaik mungkin memenuhi aturan tersebut. Di balik sikap diktator penguasanya, China tetap pasar potensial untuk industri teknologi informasi dengan jumlah penduduknya yang begitu banyak.

Raksasa aplikasi pengiriman pesan asal Jepang, Line, juga tak lepas dari aturan tersebut. Mereka pun berusaha memenuhi ketentuan-ketentuan yang dibuat pemerintah China, termasuk soal sensor kata-kata yang dikirimkan lewat aplikasi mereka. Namanya aplikasi pengiriman pesan, pasti banyak sekali kata-kata yang dikirimkan setiap menitnya, dan pastinya butuh algoritma khusus untuk mencegah terkirimnya kata-kata terlarang. Apalagi, Line merupakan aplikasi pengiriman pesan dengan 400 Juta pengguna yang aktif berkomunikasi setiap saat.

Para peneliti di Citizen Lab, Universitas Toronto, berusaha meneliti kata-kata apa saja yang terlarang untuk dikirimkan lewat Line di China, total berjumlah 535 kata. Mereka coba membandingkannya dengan daftar kata yang mereka dapati terlarang di layanan internet lainnya di China. Hasilnya, hanya 45 kata dari daftar yang dilarang oleh Line, yang sama dengan daftar kata yang dilarang oleh Skype di China. Berbeda lagi bila kita membandingkannya dengan layanan Sina UC, dari 535 kata yang dibandingkan hanya 19 kata yang sama. Jadi, ternyata kata-kata yang disensor oleh Line dan layanan-layanan lain, tidak seragam.

Hasil tersebut menimbulkan pertanyaan, apa yang sebenarnya terjadi?

Beberapa pengamat mengatakan kalau pemerintah China memerintahkan sensor terhadap setiap pertukaran informasi yang terjadi di Internet, tapi tidak mengatakan dengan spesifik kata-kata apa saja yang harus disensor. Di sisi lain, ada juga yang mengatakan kalau Line terlalu berhati-hati dengan kebijakan pemerintah China, dan berusaha menahan sebanyak mungkin kata agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Penasaran dengan kata-kata apa saja yang disensor Line di China? Coba lihat hasil penelitian Citizen Lab berikut ini:

top-categories-of-censored-keywords-on-line-of-total-keywords_chartbuilder2

Sumber Gambar : natandmarie.com, qz.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>