Coupang, E-Commerce dari Korea yang Mendapat 100 Juta Dollar

Coupang

Bila Amerika Serikat mempunyai Amazon, China mempunyai Alibaba, India mempunyai Flipkart dan Snapdeal, Indonesia punya Tokobagus yang telah berubah nama menjadi OLX dan Tokopedia, maka di Korea Selatan ada E-Commerce terbesar yang bernama Coupang. Coupang adalah sebuah layanan jual beli online yang didirikan oleh seorang mahasiswa drop-out dari Harvard Business School, Bom Kim. 3 tahun berdiri, kini jumlah penjualan di Coupang telah mencapai 1 Milyar Dollar.

Berkat prestasinya itu, Coupang pun mulai dilirik oleh beberapa investor. Akhirnya, mereka pun membuka kesempatan pendanaan dan berhasil mendapat modal sebesar 100 Juta Dollar. Pendanaan itu dipimpin oleh Sequoia Capital yang memang tengah berkonsentrasi dalam mengucurkan investasi di wilayah Asia. Sejak tahun 2009, Sequoia telah mengucurkan dana yang mencapai 1,8 Milyar Dollar untuk startup-startup Asia. Sequoia terkenal bisa melihat potensi terpendam dari beberapa startup, terbukti dari keuntungan besar yang mereka terima dari investasi mereka di WhatsApp. Ketika Facebook membeli WhatsApp, mereka pun otomatis mendapatkan laba berkali-kali lipat.

Coupang Venture

Bagaimana ceritanya hingga Coupang bisa besar seperti sekarang?

Menurut cerita, Bom Kim terinspirasi untuk membuat Coupang setelah melihat kesuksesan Groupon di akhir tahun 2000an. Menurut Kim, Korea Selatan juga punya potensi untuk melahirkan E-Commerce besar. Ponsel beredar di mana-mana, akses internet pun begitu cepat, apalagi ditambah dengan minat belanja warga Korea Selatan yang tinggi. Tak berpikir lama, Kim langsung membuat Coupang hingga menjadi besar seperti sekarang.

Jadi, belajar dari kisah masa-masa awal Coupang, seharusnya startup-startup Indonesia juga bisa, dan harus berusaha keras untuk bisa menjadi lebih besar.

Sumber Gambar : slideshare.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>