Cortana Akan Hadir di Xbox One

Sejalan dengan visinya yang ingin menghadirkan asisten digital yang hebat yang berarti sebuah sistem yang dibuat seunik mungkin serta dapat diakses di mana pun, baik melalui gawai yang dibawa berjalan sehari-hari atau yang berada di kantor, Microsoft mewujudkannya dengan membuat Cortana yang bisa digunakan dari semua gawai yang anda miliki untuk setiap saat.

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan memasukkan Cortana ke dalam Windows 10 yang diperkirakan akan hadir di pasaran menjelang akhir tahun 2015. Guna memperlua jangkauan Cortana, Microsoft telah mengumumkan bahwa aplikasi Cortana akan tersedia untuk hape Android dan iPhone, yang berfungsi sebagai pendamping untuk PC yang dipasangi Windows 10.  Aplikasi Cortana akan mulai bisa diakses di Android sekitar bulan Juli.

 

Untuk semakin memperkaya pengalaman para pengguna Cortana, pada saat perhelatan E3, Microsoft mengumumkan bahwa Cortana akan bisa digunakan di Xbox One mulai musim gugur tahun ini di Amerika Serikat dan Inggris. Cortana akan sangat berguna untuk membantu jutaan pemain meningkatkan kenikmatan bermain saat diperlukan. Dengan menggunakan perintah suara pada Xbox One, Cortana akan menolong anda mencari permainan-permainan yang cocok dengan selera anda, mencari tantangan dan teman baru di Xbox Live, atau sekedar menyelesaikan tugas-tugas ringan.

Yang terpenting adalah Cortana hadir untuk menyambungkan dunia anda dan bekerja untuk anda pada semua gawai anda, dengan cara yang dirancang khusus untuk gawai yang sedang anda pergunakan, bisa komputer dengan Windows 10, tablet, smartphone, atau Xbox anda. Semua hal yang penting bagi anda akan dapat anda akses tanpa menghiraukan sistem operasi yang berjalan di gawai-gawai anda tersebut.

 

Pada musim gugur ini, para konsumen akan mendapatkan beragam pengalaman baru terkait bagaimana interaksi mereka dengan Windows dan Cortana meliputi,

  • Akun Microsoft anda membantu anda menjaga asisten pribadi anda terhubung ke semua perangkat yang anda miliki seperti PC, smartphone ataupun Xbox One. Cortana Notebook akan tersedia di semua gawai untuk membantu melacak hal detil yang penting bagi anda. Cortana hanya mengetahui apa yang anda perbolehkan untuk dia ketahui dan anda memegang kendali penuh terhadap bagaimana cara anda menggunakan dia.
  • Pada Xbox One, Cortana akan mengetahui siapa saja teman anda dan ini memudahkan untuk mengajak mereka bermain bersama cukup dengan menggunakan perintah suara.  Jika anda ingin merekam dan membagikan video saat anda bermain, anda bisa menggunakan Cortana untuk mengatur durasi waktu rekaman dan sesegara mungkin membagikannya kepada teman anda tanpa perlu keluar dari permainan. Cortana juga bisa membantu anda mencari informasi tentang permainan, misalnya tanggal peluncuran game yang baru akan dilepas ke pasar, atau menolong anda meraih prestasi tertentu dengan menelusuri video dan informasi yang berkaitan.
  • Di smartphone Android, anda dapat meminta Cortana untuk misalnya mengingatkan anda untuk mengajak anjing anda berjalan pada jam 8 malam, dan ketika misalnya anda sedang menonton film di Xbox anda maka Cortana akan menginterupsi pemutaran video dan mengingatkan anda bahwa sudah waktunya anda mengajak anjing anda berjalan.
  • Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada Cortana dan dia akan memberikan anda jawaban dengan menggunakan bahasa yang sama, tanpa perduli pada gawai yang mana anda sedang bekerja. Anda ingin mengetahui cuaca besok? Cukup tanya Cortana dari mana saja.
  • Cortana bisa membantu anda mencari hal yang paling penting pada gawai yang sedang anda gunakan. Di PC Windows, anda bisa menggunakan bahasa ibu anda untuk meminta Cortana mencari dokumen dan gambar yang terbaru. Pada Xbox One, anda bisa meminta Cortana mencari siapa saja teman yang sedang dalam jaringan atau merekam video saat anda bermain.

Dengan semua kelebihan yang dijanjikan oleh Microsoft seperti di atas memang patut disayangkan bahwa pada saat peluncuran tidak semua bagian dunia akan kebagian mencicipi Cortana. Semoga dalam waktu dekat pengguna di negara lain bisa kebagian dan bukan hanya di AS dan Inggris.

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>