Consumr – Membantu Anda Membeli Apapun

Consumr

Saat ini, e-commerce benar-benar memanjakan kita semua. Bila sebelumnya kita harus pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu, kini kita hanya perlu duduk di depan komputer, menekan beberapa tombol, dan … voila, barang yang kita inginkan sampai di rumah kita. Semakin banyak pengguna yang berbelanja lewat Internet, maka semakin banyak pula pedagang yang menawarkan barang dagangannya lewat dunia maya. Efek dari itu semua, adalah dibanjirinya Internet dengan berbagai jenis barang, sampai-sampai kita bingung untuk memilih yang mana.

Berawal dari fenomena itu, pada tahun 2011, muncul sebuah startup yang bernama Consumr. Startup ini bertujuan untuk membantu kita membandingkan beberapa barang yang dijual di Internet, untuk kemudian bisa kita pilih, dan kita beli juga tentunya. Demi menjadi seperti Rotten Tomatoes untuk dunia film, dan Yelp untuk penggemar hangout, Consumr pun meluncurkan aplikasi mobile untuk memudahkan akses pengguna. Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa mengecek review tentang suatu produk lewat mekanisme pencarian, atau bisa juga dengan melakukan scanning barcode bila barang tersebut bisa kita jangkau.

Consumr pada awalnya memang hanya fokus pada barang-barang konsumsi sehari-hari, tapi seiring perkembangannya mereka juga merambah pasar lain seperti buku, dan barang-barang elektronik. Dan untuk memudahkan pengguna, mereka juga membagi barang-barang yang telah direview ke dalam beberapa kategori. Consumr juga merekam aktivitas anda di internet, dan bisa mengarahkan anda ke kategori yang (menurut algoritma Consumr) cocok untuk anda.

CEO Consumr yang juga mantan pimpinan divisi mobile di Zagat, Ryan Charles, mengatakan kalau untuk startup yang berbasis Review seperti Consumr dan Yelp, yang terpenting adalah soal kuantitas barang yang bisa dijangkau. Karena itulah Consumr terus mengembangkan diri, hingga kini menampung 3.3 juta produk di dalam databasenya.

Pengembangan dari startup semacam ini juga cukup menjanjikan. Bila pengguna sedang mencari suatu barang, dan menemukan barang yang (menurut mereka) bagus, pasti pertanyaan selanjutnya adalah “Berapa harganya?” atau “Di mana saya bisa membeli barang ini?” Di situlah peluang Consumr untuk bekerja sama dengan para penjual barang tersebut, dan akhirnya, bisa menghasilkan uang.

Sadar akan potensi itu, Consumr pun terus berusaha memperbaiki diri agar menjadi yang terdepan di platform review produk. Beberapa hal yang menjadi perhatian mereka adalah algoritma untuk menentukan minat pengguna, dan sistem scoring yang lebih objektif.

Ingin mencoba? Jangan sampai salah mengeja namanya yah.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>