Computex 2014, Pesta Gadget Terbesar di Asia

Computex 2014

Bila di Amerika Serikat ada Consumer Electronics Show (CES), yang merupakan pesta gadget terbesar di sana, maka Benua Asia pun punya acara serupa yang bernama Computex. Computex juga biasa dikenal dengan nama Taipei International Information Technology Show. Setiap tahun, Computex diadakan di Taipei, ibukota Taiwan, sekitar awal Juni. Tahun ini, Computex 2014 akan diselenggarakan di Taipei World Trade Center mulai dari 3 Juni hingga 7 Juni 2014. Apa saja yang akan ada di sana?

Pesaing Google Glass

Jangan kira kalau hanya Google yang bisa membuat Google Glass. Produsen Asia pun membuktikan kalau mereka bisa membuat ‘Google Glass’, namun dengan harga yang lebih murah. Salah satu produsen yang serius dalam membuat kacamata pintar ini adalah ChipSip, yang bisa kita lihat videonya di atas. Tahun lalu, ChipSip telah menampilkan prototype kacamata pintar mereka yang diberi nama SiMEye di arena Computex. Saat itu, bentuknya masih kurang bagus walaupun semua fungsi sudah berjalan lancar. Pada event CES di awal tahun ini, mereka kembali menampilkan SiMEye yang sudah bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android dan melakukan video chat secara langsung. Fitur-fitur ini bahkan belum tersedia di Google Glass yang dibuat Google. Menarik untuk ditunggu bagaimana cerita perkembangan SiMEye, dan juga bagaimana produsen-produsen lain coba ikut membuat Google Glass yang lainnya.

Intel Moorefield

Dari sisi prosesor untuk perangkat mobile, dikabarkan akan ada Intel yang akan coba memberi lawan yang sepadan untuk pembuat prosesor besar lainnya, ARM. Di Computex 2014 ini, mereka akan mengenalkan prosesor Moorefield. Moorefield adalah sebuah prosesor quad-core yang bisa mendukung RAM sebesar 4 GB, storage sebesar 256 GB, dan kamera 13-megapiksel. Moorefield adalah usaha Intel untuk kembali menguasai pasar prosesor dunia, kali ini untuk perangkat mobile. Pertanyaannya, kapan dan di mana Intel akan memasang Moorefield untuk pertama kalinya? Kita tunggu saja.

Hybrids

Saat ini, Microsoft benar-benar menyita perhatian masyarakat dengan device Hybrid-nya yang terkenal, Surface Pro 3. Device Hybrid adalah sebutan bagi perangkat yang tepat berada di antara tablet dan notebook. Biasanya mereka memiliki bentuk dasar tablet, namun bisa digerakkan sedemikian rupa hingga muncul keyboard seperti yang ada di notebook (laptop). Bisa juga menggunakan keyboard terpisah yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah, seperti yang ada di Surface Pro 3. Pada gelaran Computex nanti, diharapkan akan ada device Hybrid selain Surface Pro yang muncul.

Lain Daripada Yang Lain

Computex selalu menghadirkan hal-hal berbeda, tidak melulu produk-produk mainstream yang telah banyak ditampilkan sebelumnya di CES. Mulai dari perombakan besar-besaran atas sistem operasi Android, tablet dengan desain yang menarik, hingga sebuah PC dengan casing yang begitu unik, semua bisa saja hadir di Computex. Jangan sampai kelewatan.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>