CompFest 2014 – Buktikan Kemampuan Programming Kamu di Competitive Programming

Roadmap Competitive Programming

Kamu adalah seorang pelajar SMA atau Mahasiswa yang suka dengan programming? Kalau iya, maka kalian harus tahu yang namanya Kompetisi Competitive Programming yang merupakang rangkaian acara dari CompFest 2014. Dalam kompetisi tersebut, kalian akan ditantang untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang diberikan, dengan bahasa pemrograman. CompFest sendiri merupakan festival komputer yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Festival ini telah secara rutin diadakan sejak tahun 2009.

Kompetisi Competitive Programming yang diadakan dalam CompFest 2014 ini juga merupakan bagian dari ACM-ICPC (International Collegiate Programming Contest yang diadakan oleh Association for Computing Machinery), sebuah kontes programming kelas dunia. Oleh karena itu, selain mendapat hadiah uang tunai jutaan rupiah, 5 tim terbaik dalam Competitive Programming ini nantinya akan secara otomatis lolos ke kompetisi regional ACM-ICPC 2014 di Jakarta. Untuk membangkitkan semangat, di bawah ini saya tampilkan bagaimana jalannya kompetisi ACM-ICPC pada tahun 2013 yang lalu.

Bagaimana Cara Mengikuti Competitive Programming?

Untuk mengikuti event ini, kalian harus membuat sebuah tim yang terdiri dari 3 orang, dan mendaftarkan diri kalian di Website Resmi CompFest 2014. Tapi karena kompetisi ini merupakan bagian dari ACM-ICPC, maka kalian juga harus mendaftar di Website Resmi ACM-ICPC. Setelah itu, lengkapilah seluruh proses administrasi, termasuk pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp 100.000. Semua proses tersebut harus sudah selesai dilaksanakan, paling lambat tanggal 17 Agustus 2014.

Berlatih Programming dengan Coder Class

Bila kalian telah melengkapi proses administrasi yang telah saya jelaskan di atas, maka anda akan mendapat username dan password khusus untuk mengikuti Coder Class di Halaman Resmi CompFest. Coder Class, sesuai namanya, adalah tempat di mana para peserta bisa berlatih mengerjakan contoh-contoh soal yang akan ditanyakan di kompetisi Competitive Programming yang sebenarnya. Di sana, kalian harus bisa menyelesaikan seluruh persoalan dengan bahasa pemrograman C, C++, atau Java.

Babak Penyisihan dan Babak Final

Setelah rutin berlatih dalam Coder Class, para peserta harus bersiap untuk mengikuti Babak Penyisihan yang akan dilakukan secara online pada tanggal 30 Agustus2014 (Kategori SMA) dan 31 Agustus 2014 (Kategori Mahasiswa). Apabila lolos, mereka akan dipanggil untuk mengikuti Babak Final di acara puncak CompFest 2014 pada tanggal 20 September 2014 (Kategori SMA) dan 21 September 2014 (Kategori Mahasiswa).

Kompetisi Competitive Programming ini merupakan salah satu contoh antusiasme remaja Indonesia di bidang Pemrograman Komputer. Semoga semua ini terus terbangun, hingga bisa menghasilkan programmer-programmer handal di kemudian hari.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>