Code for Vote 2.0, Ayo Membuat Aplikasi Untuk Pemilu Presiden

Code for Vote 2

Setelah sukses dengan Code for Vote edisi pertama di bulan Maret kemarin, Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi atau yang biasa disebut dengan Perludem, kembali mengadakan Code for Vote 2.0 menjelang Pemilu Presiden di bulan Juli nanti. Seperti yang kita tahu, Code for Vote edisi pertama telah menghasilkan beberapa aplikasi menarik terkait pemilu, dan diharapkan antusiasme itu kembali muncul di Code for Vote 2.0.

Code for Vote adalah sebuah proyek pembuatan aplikasi web atau aplikasi mobile yang berhubungan dengan Pemilu. Kegiatan ini digagas oleh Perludem, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di industri Teknologi Informasi di Indonesia.

Pada Code for Vote pertama, Perludem bekerja sama dengan RumahPemilu.org, dan menyelenggarakannya pada tanggal 8 sampai 9 Maret 2014 dengan format Hackathon. Peserta dikumpulkan di Bandung Digital Valley selama 2 hari untuk membuat aplikasi menarik dengan menggunakan Application Programming Interface (API) dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU. API adalah semacam bank data milik KPU yang bisa diakses oleh masyarakat umum secara gratis. Beberapa nama aplikasi yang lahir dari Code for Vote edisi pertama adalah OrangBaik, Pemilu Hore!, dan Caleg Store.

Untuk Code for Vote 2.0, Perludem menggunakan konsep yang berbeda. Kali ini mereka memilih untuk bekerja sama dengan Google dan The Asia Foundation. Acara puncak tidak lagi diselenggarakan di Bandung, melainkan di ibu kota Indonesia, Jakarta. Mereka juga meninggalkan konsep Hackathon, dan membiarkan para calon peserta untuk membuat aplikasi kapan dan di mana saja. Yang penting, aplikasi tersebut harus dikirimkan sebelum batas waktu yang ditetapkan. Peserta juga harus terdiri dari tim yang maksimal berjumlah 5 orang, dengan minimal ada seorang developer dan seorang desainer.

Dalam proses pembuatannya, mereka akan memanfaatkan API khusus untuk Pemilu Presiden yang bisa diakses di developer.pemiluapi.org sejak tanggal 7 Juni 2014 kemarin. Beberapa aplikasi terbaik akan dipilih, dan diundang untuk hadir dalam Demo Day yang akan diadakan pada hari Sabtu, 14 Juni 2014, di The Cone, FX Jakarta. Pemenang Code for Vote 2.0 nantinya akan mendapat uang tunai belasan juta rupiah dan kesempatan untuk berkunjung ke kantor Google di Singapura.

Semoga aplikasi-aplikasi yang dibuat di Code for Vote 2.0 nantinya bisa menghadirkan pesta demokrasi yang lebih baik.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>