Chromebook – Berakhirnya Era PC?

Apa konsep PC sekarang (atau MAC juga kalau memang harus disebutkan)? Komputer personal yang memiliki hardware dan software (silahkan pilih definisi yang lebih rumit, tapi sederhananya demikian). Aplikasi (software) yang akan digunakan akan diinstall di dalam  hardware komputer dan dapat sewaktu-waktu dipanggil dengan melakukan trigger pemanggilan (double-klik pada icon misalnya). Nah, Google sepertinya mau “sedikit” menggeser paradigma tersebut dengan Chromebooknya.

Dengan Chromebook semuanya dilakukan dalam “cloud”. Secara radikal bisa dibilang tidak ada aplikasi yang perlu kita install di dalam  perangkat PC kita. Apabila kita memahami konsep cloud sebagai tempat penyimpanan data, Chromebook memperluas pemanfaatan cloud sampai kepada pemrosesan data itu sendiri. Artinya aplikasi dan program-program “terinstall” disana. Sejatinya Chromebook bisa dianggap sebagai web browser yang mengakses konten lewat internet.

Samsung yang telah lama meluncurkan laptop Chromebooknya mendapat sambutan pasar yang cukup baik, bahkan menjadi best seller di amazon. Kemarin, Acer meluncurkan seri kedua Chromebook yang dibanderol $199, tentunya dengan spek yang lebih rendah dibandingkan Chromebook Samsung yang dilego $249.

Nampaknya Google benar-benar ingin melakukan penetrasi pasar cukup besar-besaran dengan mengenalkan Chromebook dengan harga terjangkau. Nah, Seperti biasa, kapan Indonesia? Pertanyaan tersebut menjadi kurang relevan sementara infrastruktur internet indonesia yang masih kembang kempis membuat konsumen tidak tertarik untuk memiliki Chromebook yang sangat membutuhkan konektivitas internet yang tidak hanya cepat, tapi juga stabil.

 

 

kredit gambar: google

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>