Brand New Yahoo! Fantasy

image

Apa yang diinginkan Yahoo! dengan pembelian belasan startup semenjak dipimpin oleh Marissa Mayer? Ke mana arah bisnis mereka selanjutnya? Perlahan tapi pasti, hal itu kini mulai terjawab. Peluncuran aplikasi mobile untuk Fantasy Game adalah petunjuk pertama.

Fantasy Game adalah sebuah permainan di mana para penggunanya mencoba mengatur sebuah tim impian dari para pemain yang sudah ada di dunia nyata, di mana nantinya score akan diberikan sesuai dengan penampilan para pemain tersebut di pertandingan yang sebenarnya. Bagi para penggila olahraga, game semacam ini sudah tidak asing lagi. Olahraga apa saja yang mempunyai game fantasy? Banyak. Sepakbola, basket, ice hockey, baseball, hingga american football semuanya mempunyai game fantasy, tentunya dengan aturan skor yang berbeda-beda.

Kendala yang dimiliki oleh para ‘manager tim’ di game fantasy tersebut adalah sulitnya akses untuk memantau perkembangan pemain-pemain yang ada di tim mereka, terkait kondisi fisik, kemungkinan mereka akan bermain pada suatu pertandingan, dan sebagainya. Kita asumsikan para pengguna itu bukan jurnalis olahraga yang punya akses langsung ke informasi-informasi tersebut. Di sinilah Yahoo! memainkan peran penting. Sudah lama sebenarnya Yahoo! menjadi pemain utama di game fantasy. Namun setelah mereka mengakuisisi Bignoggins Production dan Loki Studios di pertengahan tahun ini, mereka pun meluncurkan update untuk aplikasi mobile mereka, yang jauh lebih baik tentunya.

Menyambut liga utama NFL (American Football) yang akan dimulai awal september nanti, tanggal 25 Juli kemarin Yahoo! merilis Yahoo! Fantasy Football untuk iOS dan Android. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa mengakses berita-berita terkait game fantasy ini, atau mungkin merubah susunan pemain dan strategi mereka di mana saja dan kapan saja. Dibandingkan dengan aplikasi mereka sebelumnya, ada perubahan yang paling terlihat, yaitu fitur Draft Day (semacam sesi transfer pemain dalam pertandingan sepakbola) yang sudah ditunggu-tunggu para pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi lebih ringan dan tampilan yang lebih bagus. Saya sendiri sudah mencobanya dan tidak sabar untuk segera mengatur pemain untuk liga musim ini.

Tentu saja perubahan yang dilakukan Yahoo! tidak terbatas hanya pada game fantasy yang peminatnya masih sangat terbatas. Aplikasi ini hanya membuktikan kalau Yahoo! punya komitmen untuk bergerak cepat di dunia aplikasi mobile. Dengan segala resource yang mereka dapatkan dari akuisisi-akuisisi startup (termasuk Tumblr), menarik untuk menunggu inovasi-inovasi mereka di dunia aplikasi mobile.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>