Bitcoin Indonesia Berbohong Soal Kerjasama Dengan Indomaret

Indomaret

Artikel ini sekaligus menjadi ralat bagi artikel sebelumnya yang menyebutkan kalau Bitcoin Indonesia telah bekerjasama dengan salah satu jaringan retail terbesar di Indonesia, Indomaret. Baru-baru ini, Chief Executive Officer (CEO) dari PT. Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan, meralat berita tersebut dan meminta maaf kepada pihak Indomaret dan seluruh konsumennya atas berita bohong tersebut. Sebenarnya, bagaimana berita tersebut bisa tersebar?

Kerjasama Bitcoin Indonesia Dengan iPaymu

Cerita ini berawal dari kerjasama antara Bitcoin Indonesia dengan sebuah ‘makelar’ sistem pembayaran yang bernama iPaymu. Kebetulan, iPaymu juga merupakan rekanan dari sistem pembayaran di Indomaret. Entah bagaimana kisahnya, tiba-tiba Bitcoin Indonesia mengatakan kalau mereka telah bekerja sama dengan Indomaret dalam pembelian koin digital Bitcoin.

Mereka pun menyebutkan nama Indomaret dalam beberapa sesi interview dengan media. Tak hanya itu, mereka juga memasang logo Indomaret di beberapa pihak, dan memastikan kalau setiap pengguna mereka bisa membeli atau mengisi ulang koin Bitcoin di retail-retail Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia. Oscar pun mengakui kalau semuanya itu dilakukan tanpa izin Indomaret, dan yang sebenarnya adalah Bitcoin Indonesia belum pernah menjalin kerjasama dengan Indomaret dalam bentuk apapun.

Di bawah ini merupakan materi promosi yang sempat dirilis oleh Bitcoin Indonesia.

Indomaret Bitcoin

iPaymu Juga Ikut Meminta Maaf

Sebagai pihak yang tersangkut dalam kasus ini, iPaymu juga merasa perlu untuk meminta maaf kepada Indomaret dan pihak-pihak lain yang merasa dirugikan atas kejadian ini. Merekapun menyerahkan semua konsekuensi yang bisa terjadi kepada pihak Bitcoin Indonesia. Pihak iPaymu mengakui kalau mereka memang pernah bekerja sama dengan Bitcoin Indonesia, namun tidak sekalipun menyertakan Indomaret dalam kerjasama tersebut.

Mungkin hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi startup-startup lain yang berkembang di Indonesia, untuk tidak gegabah mengumumkan sesuatu sebelum jelas duduk perkaranya. Termasuk dalam hal ini adalah perusahaan Uber yang seharusnya meminta izin, terlepas dari bagaimana operasi yang mereka jalankan, kepada pihak-pihak terkait di kota tempat mereka beroperasi. Dengan kasus ini, nama Bitcoin Indonesia praktis menjadi tambah buruk di antara para penggemar teknologi.

Walau begitu, masih kita tunggu bagaimana petualangan mereka di Indonesia.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>