5 Bisnis Startup Paling Hot di Indonesia Tahun Ini

Sepanjang 2015 yang akan berakhir sebentar lagi, kita telah melihat banyak sekali startup yang bermunculan di Tanah Air. Mereka sebenarnya hadir di dalam segala bidang, mulai dari gaya hidup, media, hingga pertanian. Kesuksesan startup di dalam suatu bisnis tertentu kemudian memicu hadirnya startup lain yang juga bergerak di bidang sama.

Banyaknya pembahasan tentang startup anyar di media massa, besarnya pendanaan atau funding yang diterima, hingga banyaknya jumlah pengguna jasa mereka, adalah aktor utama mereka menjadi sorotan. Karena itulah kami mempertimbangkannya untuk mengulas daftar bisnis startup yang paling hot sepanjang 2015 ini.

E-Commerce

Bhinneka1

Masyarakat Indonesia sangat suka berbelanja, dan karena itu dalam beberapa tahun ke depan sepertinya startup di bidang e-commerce akan terus mencuri perhatian. Bila di tahun-tahun sebelumnya kita dibanjiri oleh e-commerce asal negara lain, akhir-akhir ini mulai banyak yang berasal dari Tanah Air, yaitu Tokopedia, BukaLapak, hingga yang baru dibentuk oleh keluarga Lippo, yaitu MatahariMall. Bahkan, e-commerce lawas seperti Bhinneka pun menemukan kembali peruntungannya pada tahun ini, setelah mendapatkan pendanaan besar dari Ideosource.

Transportasi

GrabBike Driver

Walaupun sudah dibangun sejak tahun 2011, baru tahun ini Go-Jek menemukan masa keemasannya. Booming bisnis Go-Jek seperti menandai kebangkitan bisnis startup transportasi di 2015 ini. Kehadiran Go-Jek pun memicu munculnya startup sejenis, seperti BajaiApp, LadyJek, Taksi Jeger, Blu-Jek, TopJek, dan Ojek Syar’i. Kumpulan startup transportasi yang ada di Indonesia, khususnya yang menggunakan sepeda motor atau ojek, bisa Anda lihat di artikel kami sebelumnya.

Pengiriman Makanan

Berrykitchen

Aplikasi seperti Zomato dan Qraved sudah lama memberikan referensi makanan yang nikmat bagi para pecinta kuliner di Indonesia. Meskipun Zomato sendiri bukan berasal dari Tanah Air. Namun, keduanya tidak bisa secara langsung mengantarkan makanan tersebut ke rumah kita. Untuk menikmatinya, kita harus mengeluarkan usaha untuk keluar rumah dan datang ke restoran.

Kini, masa-masa itu telah berakhir karena kini banyak startup yang menyediakan layanan pengantaran makanan langsung ke rumah, seperti BerryKitchen, Gorry Gourmet, MakanDiantar, dan BlackGarlic. Bahkan, Go-Jek pun memanfaatkan jaringan ojek yang mereka punya untuk ikut memberikan layanan pengantaran makanan yang disebut Go-Food. Anda mau yang mana? Tinggal pilih sesuai selera.

Logistik

Deliveree

Ternyata yang mengalami booming di tahun ini bukan hanya startup yang mengantarkan makanan, tapi juga dialami oleh mereka yang mengantarkan barang-barang lain. Apabila Anda ingin belanjaan untuk keperluan keluarga langsung diantar ke rumah, ada layanan Go-Mart dari Go-Jek, dan HappyFresh. Adapun untuk mengantar dokumen dan barang lain yang berukuran lebih besar, terdapat layanan Go-Send dan Go-Box yang lagi-lagi bagian dari layanan Go-Jek. Pilihan lain adalah Deliveree, Etobee, Jet, dan 21Express.

Keuangan

VeryFund

Startup terakhir yang juga tengah populer adalah yang berurusan dengan uang, yaitu bergerak di bidang keuangan atau finansial yang biasa dikenal dengan istilah FinTech. Pembentukan Asosiasi Penyelenggara Teknologi Jasa Finansial (FintechIndo) pada tahun ini menjadi momen yang menandai perkembangan pesat startup.

FinTech yang tengah menanjak popularitasnya adalah CekAja, StockBit, dan VeryFund. Di belakang mereka pun ada nama lain yang sudah terlebih dahulu ada, seperti Bareksa, Doku, dan Veritrans. Bermunculannya jenis-jenis startup pun menandakan bahwa berbagai bidang kini bisa dijadikan peluang usaha.

Ke depannya, tentu akan banyak invovasi dan solusi yang ditawarkan startup lokal. Nah, agar tak ketinggalan mengenai perkembangan startup, Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca pintar yang menyediakan berita-berita tersebut, yaitu Kurio. Bahkan, terdapat kanal khusus untuk Startup dan Tech Development. Dengan men-download aplikasi cerdas ini, Anda bisa menggali berbagai informasi menarik.

Anda juga bisa mengatur berita apa saja yang sesuai dengan minat. Jadi, tidak perlu repot mengatur kanal apa saja yang perlu dibaca untuk mengikuti perkembangan startup atau berita lainnya. Nah, cari tahu apa saja fitur-fitur bermanfaat yang hadir di Kurio dengan masuk ke sini!

Artikel ini hasil kerja sama Aitinesia dengan Kurio

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>