Biaya Penggantian Layar Asus Zenfone 2 Bisa Mencapai Rp 900.000

Asus Zenfone 2 7

Bermodal spesifikasi yang mumpuni, Asus Zenfone 2 telah berhasil mengambil hati konsumen smartphone di Indonesia. RAM yang berkapasitas super besar, yaitu 2 GB dan 4 GB, menjadi modal besar Asus Zenfone 2 demi menjadi smartphone yang paling laris di Indonesia. Dalam waktu cepat, Asus Zenfone 2 pun berhasil memenuhi target untuk meneruskan popularitas Asus Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6 di Indonesia.

Namun, dalam membeli sebuah smartphone, kita tidak boleh hanya memikirkan spesifikasinya saja. Kita juga harus memikirkan apakah ada ‘bug’ yang sering muncul? Bagaimana layanan purnajual (aftersales) yang ditawarkan? Bagaimana harga spare part dari smartphone tersebut apabila terjadi kerusakan? Dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar smartphone tersebut. Khusus untuk kekurangan-kekurangan umum dari Asus Zenfone 2, telah kami rangkum dalam artikel sebelumnya. Lalu bagaimana dengan harga spare part Asus Zenfone 2, terutama apabila terjadi kerusakan layar LCD yang biasa terjadi pada hampir semua device Asus Zenfone? Mari kita simak kisah di bawah ini.

Pengalaman Seorang Pengguna Asus Zenfone 2 yang Layarnya Pecah

Seorang pembaca kami, yang bernama Bakti, mengisahkan pengalamannya ketika akan memperbaiki Asus Zenfone 2 miliknya. Layar Asus Zenfone 2 yang dimiliki Bakti pecah, akibat terjatuh saat ia sedang mengendarai motor, dan terbentur trotoar. Hasilnya, LCD Asus Zenfone 2 milik Bakti pun hancur, termasuk lapisan kaca Gorilla Glass yang melindunginya (seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah). Ia pun langsung menuju ke Service Center Asus yang terdekat dengan rumahnya, yaitu di STC Senayan Plaza, pada hari Sabtu pagi.

Smartphone Asus Zenfone 2 milik Bakti yang layarnya retak (Sumber : Dokumentasi Pemilik)

Smartphone Asus Zenfone 2 milik Bakti yang layarnya retak (Sumber : Dokumentasi Pemilik)

Sesampainya Bakti di sana, ia sangat kaget karena ketika mengambil nomor antrian ia mendapat nomor 30. Padahal ia sampai di sana sangat pagi, sekitar pukul 8:30, bahkan toko-toko di mall tersebut saja belum buka. Ketika Bakti mengobrol dengan pengunjung lain yang juga mengantri, ia baru tahu kalau nomor antrian di Service Center Asus di STC Senayan Plaza sudah bisa diambil di malam hari sebelumnya. Bakti menyesal mengapa ia tidak ikut mengambil nomor antrian di malam sebelumnya. Namun ia merasa cukup beruntung mendapat nomor antrian 30, karena ketika ia mencari informasi lagi, khusus pada hari Sabtu jumlah antrian dibatasi hanya sebanyak 50 nomor.

Ketika nomor antriannya dipanggil, Bakti pun menyerahkan smartphone Asus Zenfone 2 miliknya yang layarnya pecah, kepada petugas Asus. Mereka mengatakan kalau smartphone tersebut akan diperiksa terlebih dahulu. 1 minggu berselang, Bakti pun dihubungi oleh pihak Asus yang mengatakan kalau seluruh pengerjaan perbaikan LCD dan Gorilla Glass membutuhkan biaya Rp 900.000. Hal ini sedikit lebih mahal dari layar Asus Zenfone 4 yang perbaikannya bisa memakan biaya Rp 725.000. Bakti cukup kaget dengan harga yang cukup mahal tersebut. Namun akhirnya ia pun menyetujuinya karena ia masih ingin menggunakan Asus Zenfone 2 miliknya.

Namun masalah tidak selesai sampai di situ, karena ternyata spare part yang dibutuhkan untuk memperbaiki Asus Zenfone 2 milik Bakti tidak tersedia di Service Center tersebut. Waktu pengerjaan pun jadi tertunda hingga sekitar 3 minggu, menurut petugas yang memperbaiki smartphone Bakti. Petugas tersebut juga mengatakan kalau mereka akan menelepon Bakti apabila pengerjaan sudah selesai. Namun apabila waktu sudah terlewat dan tidak ada telepon, kita bisa langsung menelepon mereka. Begitu juga kalau kita ingin meminta perkembangan perbaikan smartphone kita, boleh juga langsung menelepon Service Center Asus tersebut.

Tips dan Trik Ketika Datang ke Service Center Asus

Dari cerita tadi, bisa diambil beberapa kesimpulan, di mana sebaiknya kita mengambil nomor antrian di hari sebelumnya agar mendapat nomor kecil. Hal ini penting karena pada hari-hari tertentu (terutama ketika weekend hari Sabtu & Minggu) jumlah antrian sangat dibatasi. Hal ini diperparah karena Service Center Asus tidak membedakan antrian untuk pengguna smartphone Asus dan pengguna laptop Asus. Sehingga kalau kita ingin memperbaiki smartphone, kita harus ikut antri bersama para pengguna laptop yang biasanya lebih banyak.

Hal terakhir yang ingin penulis ingatkan adalah tingginya biaya untuk memperbaiki atau mengganti LCD smartphone. Tak hanya Asus, namun hal ini juga berlaku pada hampir semua produsen smartphone. Karena itu, ada baiknya untuk menjaga smartphone kita semaksimal mungkin, agar kita tidak harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan layar smartphone. Semoga bermanfaat!

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

11 Responses

  1. farhan says:

    boleh nanya gan itu garansinya berlaku gk kok mahal bgt biaya penggantian lcdnya aja ?trus gimana klo cuman kaca gorilaglassnya aja yg pecah gk sama lcdnya kira2 tau gk bisa nyampe brp haga penggtian gorilaglassnya aja yg pecah .?

    • jhon says:

      Kalau jatuh, kena air, pecah. Ya ga garansi. Garansi itu biasanya berlaku kalau error sofware, hardware rusak tanpa ada cacat fisik dan tentunya tidak buka segel. Lcd yang sudah Gorilla glass biasanya sepaket. Tidak terpisah. Misal pecah groilaglassnya mau ganti itu aja ya ga ada yang jual. Harus sepaket. Soalnya sudah cetakan dari pabriknya begitu

  2. Danis Zahfri says:

    aduh sayang banget layarnya pecah. tapi jangan panik yah gan. semoga bisa dibenerin. hehehe

  3. Zufri says:

    Gimna klo yg pecah hanya kaca pelindung kamera belakangnya…kira kira brpa harganya..mohon infox

  4. Anwar says:

    Gan, sy ada masalah dgn touchscreennya assus zenfone 2 (laser) kadan2 bisa,kadang2 tdk bisa fungsi. apa harus diganti touchscreennya? klau memang diganti apa bisa Touchscreen aja atau 1 set dengan LCD?
    untuk biaya kira2 brp,supaya bisa fungsi lg?
    tks

  5. jhonathan says:

    sekedar info saja gan. apabila ada masalah pada smartphone asus zenfone anda. coba ke Klikfix, service gadget tanpa ribet

  6. lalu ahmad says:

    kemarin saya perbaikin lcd asus zenfone 2 saya kena 795.000 gan , tapi sekarang masih dalam tahap perbaikan sekitar 5 hari kerja kata petugas asus centre STC senayannya :))

  7. EST says:

    Terima kasih infonya. Sangat membantu.

  8. Imam says:

    ada yg pernah ganti bodynya ga? kamera belakang sm body handphone?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>