BeeTalk, Aplikasi Pengiriman Pesan ‘Gado-Gado’ Hadir di Indonesia

BeeTalk

Saya sedang duduk di sebuah rumah makan, ketika saya melihat sebuah logo yang tampak familiar muncul di layar televisi. Logo tersebut berbentuk seekor lebah dengan sayap berwarna putih. Sekilas mirip logo Foursquare Swarm, tapi saya tidak tertipu dan langsung tahu kalau itu adalah logo BeeTalk, sebuah aplikasi pengiriman pesan asal Thailand. Logo BeeTalk tersebut hadir di sebuah iklan yang mengisahkan tentang seorang pemuda yang akhirnya bisa mendekati perempuan dengan memakai aplikasi BeeTalk.

Sebelumnya mungkin belum banyak pembaca yang tahu tentang BeeTalk. BeeTalk adalah nama sebuah aplikasi pengiriman pesan yang berusaha menggabungkan fitur-fitur menarik dari aplikasi-aplikasi pengiriman pesan yang lain. Karena itulah saya menjulukinya sebagai aplikasi ‘Gado-Gado’ karena begitu banyak fitur yang campur aduk di dalamnya. Apa saja fitur yang diambil oleh BeeTalk untuk aplikasi mereka?

Pengiriman Pesan – BlackBerry Messenger, WhatsApp & Line

Yang pertama ‘dicontek’ oleh BeeTalk adalah fitur pengiriman pesan yang telah banyak digunakan oleh aplikasi-aplikasi pengiriman pesan terkenal. BeeTalk bisa digunakan untuk mengirim teks, gambar, video, hingga rekaman suara. Secara khusus, mereka juga meniru fitur telepon gratis lewat jaringan internet yang dipopulerkan oleh Line.

Pesan yang Hilang Secara Otomatis – Snapchat

Puas mengambil fitur Line, BeeChat pun beralih ke Snapchat dan mengambil fitur self-destructing messages (pesan yang bisa hilang secara otomatis setelah si penerima membukanya). Bahkan BeeChat mengembangkan fitur tersebut hingga tak hanya teks dan gambar yang bisa hilang secara otomatis, tapi juga sticker (emoticon) dan pesan suara.

Seleksi Pasangan – Tinder

Tak cukup dengan semua yang telah ditirunya, BeeTalk juga menambahkan fitur ‘seleksi pasangan’ yang pertama kali diperkenalkan oleh aplikasi bernama Tinder. Fitur ini akan memberi anda setumpuk foto lawan jenis yang berada di dekat anda, untuk kemudian bisa anda pilih apakah anda menyukainya atau tidak. Bila anda menyukai foto seorang lawan jenis, dan sang lawan jenis tersebut juga menyukai foto anda yang muncul di aplikasi miliknya, maka anda dan dia akan terhubung dan mulai bisa melakukan chatting.

Di negara asalnya, BeeChat telah cukup terkenal, hingga menandingi popularitas aplikasi Line di sana. Tak lama setelah peluncuran, BeeChat langsung menempati posisi teratas di Apple AppStore dan Google Play Store untuk wilayah Thailand. Sukses di negeri sendiri, mereka pun coba mengembangkan pengguna hingga ke Singapura, Malaysia, Vietnam, dan termasuk juga Indonesia. Ketika ditanya soal peluang mereka untuk sukses di negara-negara tersebut, seorang perwakilan dari BeeTalk, Sean Yang, mengatakan kalau

“BlackBerry Messenger bisa digantikan oleh WhatsApp, dan WhatsApp kini digantikan oleh Line, mengapa BeeTak tidak bisa menjadi penerus mereka?”

Kini, iklan BeeTalk telah hadir di televisi Indonesia. Ini artinya mereka telah serius untuk menjaring pengguna di negeri ini. Menarik untuk ditunggu apakah aplikasi ‘Gado-Gado’ ini bisa menarik minat para pengguna aplikasi pengiriman pesan di Indonesia yang telah begitu terikat dengan WhatsApp. Bila anda ingin tahu lebih lanjut, tunggu artikel ‘Intip Aplikasi’ dari saya tentang aplikasi BeeTalk ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>