BDK#4 – Belajar Speed Reading dengan Spreeder

spreeder.comKehidupan manusia sehari-harinya tidak terlepas dari kegiatan membaca. Penyerapan ilmu pengetahuan juga masih mengandalkan proses membaca. Mungkin sampai nanti manusia menemukan cara menyalin ilmu pengetahuan seperti intersectmembaca masih menjadi menu utama dalam belajar. Pun ayat pertama dalam Al-quran menggiatkan kita untuk membaca.

Oleh karena itu, penting kiranya faktor kecepatan membaca dalam kehidupan kita sehari-hari. Semakin cepat kita membaca, maka semakin cepat kita mampu menyerap ilmu pengetahuan. Pada kolom BDK kali ini, kita akan menemukan cara bagaimana meningkatkan kecepatan membaca kita.

Speed Reading

Speed Reading adalah teknik membaca cepat. Kecepatan membaca tersebut diukur dengan satuan kata per menit (word per minute). Rata-rata orang memiliki kecepatan membaca 200 wpm dimana kecepatan tersebut sama cepatnya dengan kecepatan membaca dengan disuarakan.

Speed Reading sendiri mempunyai kompetisi dunia. Dalam kompetisi tersebut, peserta biasanya membaca 1.000 sampai 2.000 kata per menit. Jika itu membuat Anda berdecak, baca paragraf selanjutnya.

Anne Jones – Pembaca Tercepat Sedunia?

Pada tahun 2007, Anne Jones yang memegang juara pertama World Champion Speed Reader ke-enam ini membaca buku Harry Potter and the Deathly Hallows dalam 47 menit! Dengan total 199.797 kata dalam novel tersebut, Anne Jones memiliki kecepatan membaca sekitar 4.251 wpm. Membuat kita merasa selamban Kungkang di hari yang panas…..

Spreeder

Spreeder adalah aplikasi online yang memungkinkan penggunanya berlatih membaca cepat. Pada dasarnya Spreeder memotong wacana bacaan pengguna menjadi kata per kata dan menjalankan kata-kata tersebut dengan kecepatan yang dapat diatur. Hal tersebut dapat melatih kecepatan membaca penggunanya dikarenakan mata pengguna hanya berfokus kepada satu titik dibandingkan dengan membaca biasa yang membutuhkan pergerakan mata mengikuti alur kata dalam paragraf.

Spreeder-Setting

Spreeder dapat kita gunakan sebelumnya untuk mengetahui kecepatan membaca kita. Sebagai contoh, jika kita mencoba di kecepatan 200 wpm masih terasa lambat, kita bisa naikan ke 400 wpm. Jika terlalu cepat bisa kita kurangi sampai menemukan kecepatan yang kita merasa nyaman dalam membacanya dan dapat menangkap maksud bacaan tersebut.

Spreeder memiliki dua keunggulan penting. Yang pertama adalah fleksibel. Pengguna dapat menentukan sendiri kecepatan yang akan digunakan. Dengan perlahan menaikan konfigurasi kecapatan tersebut, pengguna dapat membiasakan diri untuk membaca lebih cepat dari kemampuannya. Keunggulan yang kedua adalah gratis!

Sudah Siap?

Oke, sekarang sudah tertarik berlatih meningkatkan kecepatan membaca? Simak langkah berikut:

1. Buka browser Anda

2. Masukkan alamat http://www.spreeder.com/

3. Copy materi bacaan yang Anda inginkan

4. Paste di area yang disediakan

5. Klik Spreed!

6. Sesuaikan kecepatan Anda

7. Berlatih sampai Anda nyaman di kecepatan yang lebih tinggi

8. subscribe ke aitinesia :D

 

 

referensi: wikipedia | thefastlearners

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>