Banyak Dicari Orang, Harga Zenfone 5 Melambung Hingga Rp 3.000.000

Asus Zenfone 5

Sesuai hukum ekonomi, barang yang banyak dicari oleh orang harganya pasti akan langsung naik. Hal itu juga berlaku untuk Zenfone 5. Bagi yang belum mengetahui tentang mengapa banyak orang yang tertarik untuk membeli Zenfone 5, silahkan baca artikel saya sebelum ini.

Bermodal dukungan untuk Android KitKat, 2 slot SIM Card, dan fitur-fitur kamera yang menarik, Zenfone 5 langsung memikat masyarakat Indonesia untuk membelinya. Alhasil, ketika dipamerkan di Festival Komputer Indonesia 2014, banyak yang langsung ingin membawanya pulang. Namun saat itu, Asus mengatakan kalau Zenfone 5 akan hadir di akhir bulan Juni tahun ini, dan akan dijual di distributor-distributor besar. Sayangnya, hal itu tidak semanis yang mereka katakan.

Penjualan Zenfone 5 yang Amburadul

Mengapa saya katakan amburadul? Karena penjualan Zenfone 5 tidak terpusat ke 1 distributor induk yang bisa mengontrol jumlah penjualan beserta harganya. Xiaomi melakukannya dengan baik ketika mereka menjual produk mereka di Malaysia dan negara-negara lain. Baik yang berhasil membelinya, maupun yang tidak, semua pulang tanpa memendam kekesalan.

Adapun yang terjadi dengan Zenfone 5 di Indonesia, distributor yang bertanggung jawab seperti membagi jatah secara diam-diam kepada banyak distributor sehingga tidak jelas ke mana kita bisa membelinya. Hasilnya, Zenfone 5 pun hadir di beberapa tempat, dan semuanya dengan harga yang lebih tinggi dari yang ditetapkan Asus Indonesia, yaitu Rp 2.199.000. Pengen tahu buktinya?

Zenfone 5 Dijual Seharga Rp 2.400.000 di Toko Smartphone

Saya terus mengontak seorang distributor smartphone besar langganan saya tentang penjualan Zenfone 5. Hari sabtu, tanggal 28 Juni 2014, dia berhasil mendapat 30 produk Zenfone 5 yang langsung habis terjual dengan harga masing-masing Rp 2.400.000. Harga ini sebenarnya sudah lebih tinggi bila kita bandingkan dengan ‘janji’ Asus yang katanya akan menjual seharga Rp 2.199.000. Namun harga ini sepertinya menjadi harga Zenfone 5 termurah di pasaran, karena menurut sumber penulis, Carrefour dan DinoMarket juga sempat menjualnya dengan harga yang sama, Rp 2.400.000.

Keesokan harinya, distributor langganan penulis menjual lagi Zenfone 5 dengan jumlah yang sama, tapi dengan harga yang dinaikkan menjadi Rp 2.600.000, dan juga langsung habis terjual.

Zenfone 5 Dijual Seharga Rp 2.499.000 di TeknoUp

Zenfone 5 TeknoUp

Harga Zenfone 5 di TeknoUp

Di sebuah toko online, TeknoUp Store, Zenfone 5 dijual dengan harga yang lebih tinggi, Rp 2.499.000.

Zenfone 5 Dijual Seharga Rp 3.000.000 di Kaskus

Zenfone 5 Kaskus

Harga Zenfone 5 di FJB Kaskus

Ini yang paling gila, sepertinya yang berhasil memborong Zenfone 5 di tempat-tempat yang telah saya sebutkan di atas menjualnya kembali di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus, tentunya dengan harga yang lebih tinggi. Ada yang menjualnya dengan harga Rp 2.800.000, tapi ada juga yang menjualnya dengan harga fantastis, Rp 3.000.000, hampir naik 50% dari harga aslinya!

Semoga Asus bisa belajar untuk penjualan produk-produk mereka di kemudian hari. Bila kondisi seperti ini terus dibiarkan, apalagi bila performa Zenfone 5 tidak sesuai dengan harapan (dan harga yang dibayarkan), maka bukan tidak mungkin produk-produk Asus yang lain juga akan kena getahnya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>