Bank Terbesar di Indonesia Siap Sebarkan Rp 500 Miliar Untuk Startup-Startup Lokal

Bank Mandiri 2

Makin ‘seksi’-nya dunia startup di Indonesia, ternyata menarik perhatian banyak sekali pelaku bisnis untuk ikut berpartisipasi, tak terkecuali bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri. PT. Bank Mandiri di awal minggu ini pun mengumumkan peluncuran sebuah Modal Ventura (VC) bernama Mandiri Capital yang siap untuk menginvestasikan dana sebesar Rp 500 Miliar atau sekitar USD 37 Juta, terutama untuk startup-startup Indonesia. Karena bisnis utama mereka adalah perbankan, tentunya Mandiri Capital akan memprioritaskan investasi mereka pada startup-startup yang bergerak di bidang finansial, terutama yang menawarkan sistem pembayaran alternatif untuk e-commerce.

Bagi anda yang masih awam dengan dunia startup, Modal Ventura adalah sebuah perusahaan yang bisa memberikan dana kepada para startup-startup yang tengah berkembang, dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak ketika startup tersebut telah menjadi besar. Biasanya, untuk setiap investasi yang dikeluarkan oleh Modal Ventura, pemilik dari sebuah startup akan memberikan sebagian dari saham startup tersebut.

Mandiri Capital Telah Mendapat Izin Dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ide membuat Modal Ventura ternyata sudah lama ingin diwujudkan oleh Bank Mandiri. Namun selama ini mereka terhalang aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang melarang Bank Mandiri untuk memiliki keseluruhan atau sebagian kepemilikan dari perusahaan lain yang tidak bergerak di bidang layanan finansial. Pada waktu itu, Muliaman Hadad selaku Ketua Dewan Komisioner OJK, mengatakan kalau ia sebenarnya mendukung permohonan tersebut, bahkan OJK sendiri pun tengah berusaha mendorong bank-bank BUMN untuk ikut mengembangkan sistem Modal Ventura.

Bank Mandiri

Dan kini, restu dari OJK pun telah didapat. Budi Gunadi Sadikin, CEO dari Bank Mandiri, pun mengatakan kalau mereka kini tengah dalam proses memilih kandidat terbaik yang nantinya akan ditunjuk untuk memimpin Mandiri Capital. Dengan ijin ini, Bank Mandiri pun jadi punya keleluasaan untuk berinvestasi pada startup-startup potensial yang sedang berkembang, bahkan yang tidak berhubungan dengan layanan finansial sekalipun.

OJK sendiri tidak memberikan syarat macam-macam kepada Bank Mandiri. Mereka hanya menekankan sebuah aturan di mana setiap Modal Ventura harus menginvestasikan 70% dana mereka untuk para startup yang kesulitan untuk mendapatkan pinjaman konvensional dari bank. Aturan tersebut secara resmi akan aktif di akhir tahun ini, dan berlaku pada awal tahun depan.

Membawa Hawa Segar Bagi Startup Indonesia

Kabar masuknya Bank Mandiri ke ranah Modal Ventura (VC) ini jelas membawa angin segar bagi dunia startup Indonesia. Sebelumnya, sudah ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain yang juga membuat Modal Ventura, yaitu Telkom Indonesia dengan Modal Ventura Multimedia Nusantara atau TelkomMetra. Bahkan, Telkom telah menginvestasikan uang 2 kali lipat dari yang diinvestasikan Bank Mandiri, yaitu sebesar USD 75 Juta (sekitar Rp 1 Triliun).

Bank Mandiri 1

Selain itu, masih ada juga Indosat yang bekerja sama dengan Softbank untuk menyediakan dana segar sebesar USD 50 Juta, dan keluarga Lippo yang meluncurkan Modal Ventura bernama Venturra Capital dengan dana USD 150 Juta. Dalam beberapa waktu ke depan, seiring dengan perkembangan industri startup di tanah air, sepertinya akan makin banyak saja pebisnis dan perusahaan lokal yang membuat Modal Ventura. Sekarang tinggal bagaimana para founder lokal bisa memanfaatkan dana besar yang telah tersedia tersebut dengan cara membuat startup dengan ide bisnis dan produk yang punya potensi tinggi untuk mendapatkan pengguna dan keuntungan besar.

Bagaimana menurut anda dengan langkah Bank Mandiri membuat Modal Ventura? Siapa kira-kira yang akan mendapatkan kesempatan untuk mendapat dana tersebut untuk pertama kalinya?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>