Ingin Kamar Tidur Anda Direnovasi Dengan Gratis? Startup Ini Bisa Melakukannya

Balkonie

Rasmus Rasmussen, seorang entrepreneur asal Denmark yang telah menjalani studi di berbagai negara, datang ke Indonesia tanpa keinginan untuk membuat startup. Anggapannya saat itu, pasti sudah banyak layanan online yang menyediakan berbagai keperluan masyarakat Indonesia. Namun ia salah. Ketika ingin membantu keluarga tunangannya yang akan membangun rumah di Indonesia, Rasmussen baru menyadari betapa sulitnya mencari inspirasi desain interior dan seorang profesional yang bisa mewujudkan inspirasi tersebut. Sejak itulah Rasmussen memutuskan untuk mulai membangun sebuah startup yang bernama Balkonie.

Apa Itu Balkonie?

Balkonie adalah sebuah direktori untuk para desainer rumah, arsitek, dan kontraktor penyedia furniture rumah tangga, di mana pengguna bisa melihat contoh-contoh desain yang mereka buat. Bila tertarik dengan desain yang dibuat, pengguna pun bisa langsung menghubungi mereka untuk menggunakan jasa mereka. Uniknya, setiap contoh desain di Balkonie ditampilkan dengan bentuk kotak-kotak yang unik, mirip dengan tampilan di jejaring sosial Pinterest. Bahkan pengguna juga bisa mengumpulkan desain-desain tersebut dalam sebuah Ideabook, mirip dengan fitur Pin yang ada di Pinterest.

Begitu menariknya desain-desain yang ditampilkan di Balkonie, mengingatkan saya kepada sebuah kisah yang dialami oleh pendiri AirBnb. Di awal kemunculan AirBnb, para pemilik rumah dan apartemen yang ingin menyewakan kamarnya di AirBnb selalu mengirimkan gambar ruangan dengan kualitas yang kurang baik. Hasilnya, pengguna tidak banyak yang tertarik untuk menyewa kamar di AirBnb. Pemilik AirBnb pun memutuskan untuk melakukan sesi foto khusus di setiap kamar yang disewakan di layanan mereka, barulah pengguna mulai tertarik untuk menyewa kamar di AirBnb. Sempat terpikir oleh saya kalau Balkonie juga melakukan hal yang sama, tapi ternyata saya salah. Rasmussen mengatakan kalau seluruh desain menarik tersebut murni dikirimkan oleh para pengguna Balkonie, tanpa campur tangan Rasmussen. Hal ini menunjukkan kalau para desainer dan arsitek yang memasang desain di Balkonie memang benar-benar profesional.

Berbeda dengan startup-startup seperti Fabelio dan Livaza yang berbisnis dengan menjual furniture rumah tangga, Balkonie justru tidak mempunyai produk apapun untuk dijual. Semua hal di dalam website mereka, termasuk furniture yang ada di dalam desain, akan disediakan oleh sang desainer dan arsitek yang memasang desain tersebut. Balkonie hanya menjadi semacam platform yang mempertemukan para calon konsumen dengan para desainer dan arsitek yang mempunyai desain menarik. Sejauh ini, Balkonie belum menerapkan metode monetisasi apapun, dan hanya fokus untuk memperbanyak jumlah pengguna dan jumlah desain yang ditampilkan di website mereka.

Balkonie Bersiap Untuk Merenovasi Kamar Tidur Anda Dengan Gratis

Untuk meningkatkan kunjungan dan interaksi di website mereka, Balkonie baru-baru ini mengadakan sebuah Kompetisi Renovasi Kamar Tidur. Anda bisa mengikuti kompetisi tersebut dengan cara mengirimkan foto kamar tidur anda saat ini, dan memilih minimal 5 desain yang ingin anda gunakan sebagai inspirasi untuk merenovasi kamar tidur anda. Setelah itu, ajaklah keluarga dan teman anda untuk memberikan vote kepada kamar tidur anda, agar bisa mendapatkan jasa renovasi kamar tidur secara gratis dari Balkonie. Jasa renovasi senilai Rp 30 Juta tersebut akan diberikan kepada peserta dengan jumlah vote terbanyak.

Balkonie Bedroom Makeover Competition

Balkonie akan membuka kesempatan untuk mengirimkan foto kamar tidur dan melakukan vote sampai tanggal 12 Desember 2015. Apabila anda memenangkan kompetisi ini, proses renovasi yang dilakukan terhadap kamar tidur anda juga akan masuk ke dalam sebuah acara khusus di TransTV. Menarik bukan? Jika anda tertarik langsung saja kirim foto kamar tidur anda ke website resmi Balkonie.

Bagaimana menurut anda, akankah masa depan yang cerah tengah menunggu Balkonie? Siapakah pesaing yang paling dekat bisnisnya dengan Balkonie saat ini?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. mantab nih startup.. pengen deh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>