AyoBis – Pesan Tiket Bus Online Kini Semakin Mudah

Pemesanan tiket perjalanan antar kota melalui internet memang mudah, praktis, dan tidak memakan banyak waktu. Namun saat ini skema pemesanan tiket perjalanan antar kota secara online baru jamak ditemui pada moda transportasi udara dan kereta api. Masih ada moda transportasi antar kota lagi yang tampaknya belum banyak memanfaatkan pemesanan tiket secara online: bus.

ayobisDidirikan oleh Adithyan Asokan asal India dan Joshua Runtu asal Indonesia, AyoBis bertujuan untuk mengisi celah yang ada di pasar pemesanan tiket perjalanan di Indonesia – khususnya untuk pemesanan tiket perjalanan bus. Terlebih dengan ‘demam’ serba online yang tengah menghinggapi rakyat Indonesia akhir-akhir ini.

Cara Pemesanan Tiket Bus di AyoBis.com

Tidak banyak berbeda dengan pemesanan tiket moda transportasi lain, untuk pemesanan tiket bus melalui AyoBis Anda cukup masuk ke halaman AyoBis.com lalu masukkan lokasi keberangkatan dan tujuan Anda pada tanggal yang diinginkan. Kemudian Anda dapat memilih operator bus yang Anda inginkan (yang tersedia pada waktu dan lokasi yang telah Anda tentukan). Anda juga dapat memilih tipe bus yang akan Anda gunakan serta fasilitas yang disediakan. Anda juga dapat menentukan tempat keberangkatan (terminal) Anda nantinya.

Kemudian Anda juga dapat memilih posisi kursi yang Anda inginkan. Sesuatu yang rasanya belum jamak ditemui pada proses pemesanan bus tradisional. Selanjutnya tinggal mengisi data diri dan proses pembayaran. Ternyata AyoBis juga menerima pembayaran menggunakan PayPal diantara moda pembayaran yang lainnya. Metode pembayaran ini bahkan jarang ditemui pada situs e-commerce ternama di Indonesia.

Setelah itu, tinggal menunggu konfirmasi, dan cetak e-ticket Anda. Anda tinggal membawa dan menunjukkan tiket tersebut ketika akan boarding di bus yang dituju pada tanggal dan jam yang ditentukan.

Cukup jelas bukan? Atau mungkin Anda lebih tertarik mendengarkan figur model wanita yang menjelaskan proses tersebut? Fine! Silahkan simak video berikut:

Harga Tiket dan Model Bisnis AyoBis

Redaksi aitinesia sempat berbincang dengan founder sekaligus CEO AyoBis, Adithyan. Mengenai harga tiket, Adithyan memiliki model bisnis yang cukup berbeda pada umumnya. Salah satunya adalah AyoBis tidak mengambil keuntungan melalui booking fee. Artinya harga tiket yang dijual AyoBis tidak akan lebih mahal dari harga tiket yang dijual secara tradisional (baca: datang ke operator langsung, agen, atau calo). Artinya kemudahan yang ditawarkan oleh AyoBis tidak harus ditebus oleh biaya yang lebih mahal dimana model bisnis tersebut umum dijumpai pada situs pemesanan tiket perjalanan.

Peluang dan Ancaman Bisnis Tiket Bus

Adithyan bercerita mengenai peluang bisnis tiket bus di Indonesia; menurut data yang ia terima dari Kementrian Perhubungan, Indonesia memiliki lebih dari 30.000 bus yang beroperasi di seluruh Indonesia, dengan 1,5 juta penggunanya. Dengan menghitung harga tiket rata-rata perjalanan antar kota, Adithyan menemukan angka 4 milyar dollar. Setara dengan 48 triliun rupiah, industri ini merupakan industri yang fantastis.

Namun peluang yang besar tersebut bukan tanpa ancaman (atau pesaing). Adalah EasyBook, startup asal singapura yang telah merambah Indonesia sebagai destinasi bisnis berikutnya yang telah meluncurkan layanan serupa di Indonesia. Selain itu, patut juga disebutkan bahwa tidaklah terlalu sulit bagi operator bus sendiri untuk menyediakan layanan pemesanan tiket online serupa, meskipun terbatas hanya pada operator tersebut saja.

Kedua hal tersebut merupakan saingan berat bagi AyoBis untuk menjadi yang terdepan di Indonesia. Nah, bagaimanakah AyoBis memposisikan dirinya pada persaingan tersebut? Serta apakah yang menjadi pembeda antara model bisnis AyoBis dengan yang lain? Insya Allah jawabannya dapat Anda temukan pada artikel interview kami dengan CEO AyoBis beberapa hari ke depan.

 

catatan:

Saat ini situs AyoBis.com masih dalam tahap beta. Peluncuran perdana AyoBis.com dikabarkan akan dilakukan pada bulan Januari 2015 mendatang.

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

2 Responses

  1. anang says:

    jam berangkat kok gak. disebutkan

  2. Dinesh Kumar says:

    REDBUS can provide online bus ticket booking service
    Bus from Kuala Lumpur to Singapore
    Bus from Kuala Lumpur to Penang
    Bus from Klia2 to Klang
    Bus from Kuala Lumpur to Melaka
    Bus from Klia to Genting Highlands

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>