Audiobus for iOS – Bring Your Audio Apps Together, Live!

audiobusKabar gembira bagi para audio enthusiast bermodal gadget dari Apple: Audiobus app for iOS. Dengan tagline “Bring your audio apps together”, aplikasi ini merupakan wadah interaksi bagi berbagai macam aplikasi audio pada gadget iOS kita. Segenap pertanyaan bermunculan, “maksudnya gimana nih? jadi itunes bisa interaksi sama garage band gitu? untuk apa?”

Prinsip utama pada aplikasi khusus iOS ini adalah dengan memanfaatkan jalur SysEx yang biasa digunakan pada format MIDI, untuk men-transmit berbagai macam data, terutama sumber audio, perintah-perintah playback, toggle on/off, notasi MIDI, dan lain-lain, antar aplikasi yang sedang berjalan. Jika kita mempunyai aplikasi synth-based seperti epic synth maka kita bisa mengirimkan sinyal audio dari aplikasi synth menuju aplikasi lain seperti LiveFX untuk menambahkan efek distorsi, meneruskannya ke aplikasi loop seperti S4-Pad atau Remixer, hingga menyusunnya di aplikasi Digital Audio Workstation seperti Fruity Loops ataupun Garage Band. Semua dilakukan dalam satu waktu, tanpa jeda latency yang berarti.

Ini berarti kita bisa melakukan hampir keseluruhan dari alur kreatif, hanya dalam satu proses. Kita bisa merekam suara, menambahkan lapisan efek, menyusun keseluruhan hasil rekam, hingga memainkan remix dari hasil kreasi kita, tanpa harus berpindah ke desktop atau laptop. Jika kamu musisi yang mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi, maka app yang satu ini akan sangat berguna, meskipun level kreativitas yang ditawarkan mungkin tidak sedetail dan sedalam ketika kita menggunakan aplikasi workstation versi desktop/laptop.

 

info tentang aplikasi ini dapat dilihat di audiob.us

 

dityaalamsyah

Human Being, Audio Tech Enthusiast, Musician, Professional Tuyul Trainer. Former Champion of Calistung Tingkat Kecamatan 1996-1997.

More Posts

Follow Me:
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>