Asus Zenfone 2 Telah Memenuhi TKDN 40%, dan Akan Dijual Mulai 21 April 2015

Asus Zenfone 2 7

Tanggal 21 April biasanya dirayakan oleh masyarakat Indonesia sebagai Hari Kartini. Namun tahun ini, tanggal tersebut juga akan ditunggu-tunggu karena hal lain, yaitu dengan peluncuran smartphone terbaru Asus yang telah lama ditunggu-tunggu, Asus Zenfone 2. Seperti yang kami pernah ceritakan sebelumnya, Asus Zenfone 2 ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat tanah air karena besarnya volume RAM yang ditawarkan, yaitu 4 GB. Ukuran RAM sebesar ini merupakan yang terbesar di dunia untuk kelas smartphone komersial.

Berbeda dengan para pendahulunya yang mempunyai nama berdasarkan ukuran layar mereka, smartphone terbaru Asus ini tidak diberi nama Asus Zenfone 5.5 (sesuai ukuran layarnya). Smartphone ini malah diberi nama Asus Zenfone 2, yang menandakan kalau smartphone ini merupakan pengembangan kedua dari generasi smartphone Asus Zenfone sebelumnya. Karena ukuran layarnya yang hampir sama dengan Asus Zenfone 5, kedua smartphone ini pun sering dibanding-bandingkan. Lalu apa perbedaan mereka berdua?

Perbedaan Spesifikasi Antara Asus Zenfone 2 dengan Asus Zenfone 5

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Asus Zenfone 5
Prosesor Quad Core, Intel Atom Z3580 2,3 GHz (berbeda untuk beberapa wilayah) Dual Core, Intel Atom Z2520 1,2 GHz
RAM 2 GB atau 4 GB 2 GB
Layar 5,5 inchi IPS Touchscreen, 1080 x 1920 piksel 5 inchi IPS Touchscreen, 720 x 1280 piksel
Memori Internal 16 GB / 32 GB / 64 GB 8 GB
Kamera 13 megapiksel (kamera depan), 5 megapiksel (kamera depan) 8 megapiksel (kamera depan), 2 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android OS 5.0 (Lollipop) Android OS 4.3 (Jelly Bean)
Baterai 3.000 mAh 2.110 mAh
Lain-Lain LTE (4G), Dual SIM, Slot Micro SD, NFC, Gorilla Glass 3 Slot Micro SD, Gorilla Glass 3

Harga Asus Zenfone 2 di Indonesia

Akan ada 2 jenis Asus Zenfone 2 yang dijual di Indonesia pada tanggal 21 April 2015 nanti, yaitu versi Ze550 dan Ze551. Perbedaan keduanya hanya ada di sisi layar, di mana Ze550 akan menggunakan layar HD, sedangkan Ze551 akan menggunakan layar Full HD. Ze550 hanya akan dijual dengan RAM 2 GB, sedangkan Ze551 akan dijual dengan RAM 2 GB dan 4 GB. Lalu berapa harganya?

Asus Zenfone 2 8

“Harga Asus Zenfone 2 untuk versi RAM 4 GB (Ze551) akan sedikit di atas Rp 3.700.000. Hal ini disebabkan oleh nilai tukar rupiah yang saat ini sedang jelek,” begitulah pernyataan dari Rex Lee, Asus Regional Director untuk Asia Tenggara. Harga untuk versi lain belum diketahui, walau kami perkirakan akan ada di kisaran Rp 3.000.000, tak jauh berbeda dengan harga Asus Zenfone 5.

Bagaimana Asus Zenfone 2 Akan Memenuhi TKDN pada Tahun 2017?

Pertanyaan ini sepertinya akan terus muncul setiap kami membahas tentang kehadiran smartphone-smartphone 4G terbaru di Indonesia. Produsen seperti Oppo dan produsen-produsen lokal sepertinya akan baik-baik saja mengingat mereka telah mempunyai pabrik di Indonesia. Namun hal itu akan berbeda bila kita berbicara tentang merek-merek internasional yang biasanya masuk ke Indonesia lewat jalur import.

Kemarin kami telah membahas tentang Xiaomi Redmi 2, yang masih belum jelas strateginya terkait peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% untuk smartphone 4G yang harus dipenuhi pada tahun 2017. Namun Asus berbeda, karena ternyata mereka telah bekerjasama dengan sebuah pabrik perakitan perangkat elektronik di Batam, untuk membantu mereka memenuhi peraturan tersebut.

Sat Nusapersada

Adalah Sat Nusapersada, sebuah perusahaan supplier PCB dan perakit perangkat mekanik untuk industri multinasional, yang akan menjadi rekan bisnis Asus dalam perakitan Asus Zenfone 2. Perusahaan ini didirikan oleh Bapak Abidin pada tahun 1990 bersama 22 orang karyawannya. Sebelumnya, Sat Nusapersada juga telah membantu perakitan produk perusahaan-perusahaan besar lain seperti, Sony, Panasonic, JVC, Epson, dan memproduksi smartphone 4G merek IVO. Asus mengklaim kalau dari kerjasama mereka dengan Sat Nusapersada ini, mereka bisa memproduksi 150.000 device Asus Zenfone 2 setiap bulannya. Sat Nusapersada nantinya akan berfungsi sebagai tempat perakitan, sementara mayoritas komponennya tetap diimport dari China.

Jadi, penjualan Asus Zenfone 2 setidaknya akan aman dari peraturan TKDN sebesar 40% tersebut. Namun apakah itu cukup untuk menarik minat para pengguna smartphone lokal? Sementara kini masyarakat kalangan atas lebih memilih iPhone 6 dan masyarakat kalangan bawah lebih memilih yang murah seperti produk-produk Xiaomi?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>