Asus K45DR : Pelopor Teknologi APU

Asus K45DR

Asus K45DR

Sebuah device akan mendapat banyak sorotan kalau ia menjadi pelopor suatu inovasi terbaru. Begitu juga dengan Notebook Asus K45DR yang akan kita bahas, ia adalah pelopor dari teknologi APU (Accelerated Processing Unit). APU adalah sebuah teknologi di mana CPU (Central Processing Unit), yang merupakan prosesor utama dari sebuah komputer, bisa bergabung dengan GPU (Graphic Processing Unit),yang merupakan prosesor untuk memproses tampilan yang keluar di layar komputer, dalam sebuah chip. Teknologi ini sangat efisien karena bisa mengurangi 50% traffic yang biasa terjadi antara CPU dan GPU pada komputer konvensional. Teknologi yang dikembangkan oleh AMD ini disebut juga dengan sebutan Crossfire.

Spesifikasi Prosesor AMD A8

Spesifikasi Prosesor AMD A8

Untuk mendukung teknologi APU tersebut, di seri K45DR ini Asus menempatkan sebuah prosesor Quad-Core, AMD A8-4500M. Prosesor tersebut sudah digabung dengan Graphic Card Radeon HD 7640G. Masih belum cukup, Asus juga memberikan Graphic Card eksternal Radeon HD 7470M. Jadi, notebook ini sebenarnya mempunyai 2 Graphic Card. Pengguna bisa melakukan ‘switch’ untuk menggunakan seluruh Graphic Card atau hanya menggunakan 1 saja hanya dengan sekali menekan tombol mouse. Kita bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menggunakan 1 Graphic Card saat melakukan pekerjaan biasa, dan memaksimalkan kinerja semua Graphic Card ketika mulai menjalankan Game atau software lain yang membutuhkan resource besar. Dengan kombinasi seperti itu, AMD meng-klaim kalau mereka sudah setara dengan Intel Core i3 atau bahkan i5.

Kekurangan dari teknologi APU adalah kebutuhannya yang tinggi akan memori sementara (RAM). Karena itu dibutuhkan minimal 4GB RAM (Random Access Memory). Begitu juga dengan kebutuhan sistem operasi yang digunakan, notebook ini minimal harus menggunakan sistem operasi Windows 7 64-bit ke atas. Bila anda memakai sistem 32-bit, biasanya RAM yang tersedia tidak terbaca maksimal.

Notebook ini mempunyai layar dengan ukuran 14″, bila anda ingin yang sedikit lebih besar bisa juga memilih Asus K55DR yang mempunyai spesifikasi serupa. Dari sisi suara, Asus K45DR dilengkapi dengan Sonic Master Lite dan Speaker Altec Lansing, sehingga bisa menghasilkan suara yang memukau.

Kesimpulan : Dengan harga mulai dari 4.8 Juta sampai 5.3 Juta rupiah, Asus K45DR merupakan salah satu notebook yang mendukung pengalaman gaming (dan aplikasi berat yang lain) dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi Lengkap Asus K45DR

Spesifikasi Lengkap Asus K45DR

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>