Apple yang Kian Miskin Inovasi

image

Apple selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi. Ketika banyak orang masih memakai PC dan laptop, Apple hadir dengan Mac. Untuk bidang musik, Apple menghadirkan iPod untuk menggantikan MP3 Player biasa. Ketika revolusi beralih ke era smartphone, Apple menjadi yang terdepan dengan produk iPhone. Bahkan Apple seolah menjadi pionir era Tablet ketika meluncurkan iPad.

Pertanyaan soal inovasi terbaru yang akan dikeluarkan Apple, selalu menjadi pembahasan yang menarik. Karena itu ketika CEO Apple, Tim Cook, mengatakan kalau Apple tak akan mengeluarkan inovasi terbaru hingga menjelang akhir tahun ini, dunia terhenyak.

Ada beberapa bulan sebelum kita sampai ke waktu yang disebutkan, dan dalam rentang waktu tersebut entah ada berapa produk baru yang akan diluncurkan para pesaing Apple, seperti Samsung, Sony, dan lain-lain, sementara Apple tidak mengeluarkan produk apapun.

Bila kita melihat di tahun 2012 kemarin, Apple merilis 3 produk secara berurutan sepanjang tahun; mulai dari iPad 3, MacBook Pro dengan Retina-Display, dan diakhiri oleh iPad Mini. Namun di tahun 2013 ini, Apple bahkan sama sekali belum meluncurkan produk baru. Hal ini terasa sangat janggal. Lalu apa yang selama ini dikerjakan Jonathan Ive, Senior Vice President Apple untuk sisi Industrial Design?

Atau mungkin yang dimaksud Tim Cook adalah Apple tidak akan mengeluarkan produk yang benar-benar baru, namun mereka akan tetap meluncurkan generasi terbaru dari produk-produk yang sudah ada seperti iPhone 6, iPad 5, atau iPad Mini 2. Tapi apa gunanya jika masyarakat sudah mulai bosan dan menginginkan sesuatu yang baru.

Ketika Tim Cook menyebutkan bahwa produk terbaru Apple akan hadir menjelang akhir tahun 2013, banyak pengamat menyatakan kalau produk yang dimaksud adalah iWatch. Mungkin iWatch tidak akan menjadi iPhone dalam bentuk yang lebih kecil, atau menjadi tiruan dari ‘gelang kesehatanFitBit. iWatch diramalkan akan berupa sebuah alat dengan sensor yang bisa menghubungkan kita dengan produk-produk Apple lainnya, hanya dengan gerakan tangan. Penasaran? Kita masih harus menunggu beberapa bulan lagi untuk melihat wujudnya.

Terlalu dini untuk mengatakan kalau Apple sedang mengalami kemunduran, tapi banyak indikasi yang mengarah ke sana. Produk-produk yang digadang sebagai inovasi terbaru dari Apple dirasa masih kurang ‘wah’. Dan kalau memang Apple tidak akan mengeluarkan inovasi terbaru mereka hingga akhir tahun, maka turunnya pendapatan Apple dari penjualan produk-produk yang sudah ada pun  harus ditanggapi dengan lebih serius.

Sumber Gambar : maximac.se

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>