Apple Watch, Lebih Dari Sekedar Smartwatch

Apple Watch 6

Seperti yang telah dikabarkan semula, bersamaan dengan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple juga merilis device terbarunya, sebuah smartwatch / jam pintar, Apple Watch. Mengejutkan memang mengapa Apple tidak lagi menggunakan huruf ‘i’ di depan produknya kali ini. Namun di balik itu, Apple menawarkan sesuatu yang berbeda dari sekedar smartwatch.

Spesifikasi Lengkap Apple Watch

Walau tidak bisa disebut penipuan, namun isu terkait penggunaan bahan safir untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ternyata merupakan isu yang salah sasaran. Memang benar kalau Apple memesan layar berbahan safir, yang begitu kuat dan anti gores, dalam jumlah yang banyak. Namun ternyata mereka menggunakannya untuk Apple Watch, bukan untuk iPhone. Layar safir tersebut digunakan untuk memproduksi Apple Watch yang dirilis dengan 2 ukuran, 38 mm dan 42 mm.

Apple Watch 1

Selain itu, smartwatch ini juga akan dirilis dalam 3 jenis body yang berbeda. Apple Watch yang berbahan Aluminium, Apple Watch Sport yang berbahan Stainless Steel, dan Apple Watch Edition yang berbalut Emas Murni 18 Karat (Wow!). Ketiga jenis smartwatch tersebut dilengkapi dengan tali jam yang berbeda-beda, dan tidak bisa diganti.

Cara Penggunaan Apple Watch

Layaknya sebuah iPhone, Apple Watch juga dilengkapi sebuah tombol untuk kembali ke tampilan awal yang dipasang di sisi sebelah kiri jam. Untuk menggeser tampilan (scroll) ke atas dan ke bawah, ia dilengkapi dengan tombol putar layaknya sebuah jam tangan biasa yang mereka sebut dengan istilah Digital Crown.

Inductive Charging

Inductive Charging

Mengapa ia lebih dari sekedar smartwatch? Karena Apple melengkapinya dengan fitur-fitur menarik. Salah satu hal yang paling mengejutkan adalah bagaimana smartwatch ini akan mengetahui ketika anda sedang mengangkat tangan dan mendekatkannya ke wajah, dan langsung menyalakan tampilan. Layar Apple Watch juga bisa membedakan antara ‘sentuhan’ dan ‘tekanan’, ketika kita tengah memilih aplikasi. Untuk melakukan charging, kita juga hanya perlu menempelkan charger ke sisi belakang jam. Proses charging tersebut menggunakan teknologi baru yang disebut Inductive Charging.

Sistem Pembayaran Dengan Apple Watch

Sistem Pembayaran Dengan Apple Watch

Selain hal-hal yang telah saya sebutkan, Apple Watch juga akan dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan kehidupan kita, seperti pengukur denyut nadi, dan aplikasi-aplikasi lain yang mendukung aktivitas kita dalam menjaga kesehatan. Ia juga akan terintegrasi dengan Siri, dan bisa digunakan untuk sistem pembayaran terbaru milik Apple, Apple Pay. Selain itu, Apple Watch juga bisa digunakan sebagai remote control untuk Apple TV, dan sebagai Walkie-Talkie dengan device lainnya.

Kekurangan Apple Watch

Apple Watch rencananya baru akan mulai dijual pada tahun depan, yang artinya kita harus menunggu cukup lama untuk itu. Apple Watch juga harus berada dekat dengan device iPhone kita, karena ia hanya mempunyai sambungan Wifi dan Bluetooth 4.0. Yup, kita harus mempunyai iPhone, dan harus iPhone 5 atau yang lebih baru dari itu, untuk bisa menggunakannya.

Silakan sampaikan pendapat anda tentang device ini pada kolom komentar.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>