Apple Resmi Meluncurkan iOS 8

iOS 8 Banner

Di artikel sebelumnya, saya telah menjelaskan tentang digelarnya event World Wide Developer Conference (WWDC) yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat. Dalam event tersebut, tak hanya sistem operasi untuk PC dan Notebook saja yang diperkenalkan (OS X Yosemite) tapi juga sistem operasi untuk perangkat mobile, Apple memberinya nama iOS 8. iOS 8 nantinya akan menggantikan peran iOS 7 untuk iPhone 5 dan device-device yang diproduksi setelahnya.

Sejak beberapa hari lalu, banner iOS 8 memang telah terpasang di arena WWDC. Bila ditambah rumor-rumor yang beredar seputar fitur baru iOS 8 menjelang gelaran WWDC, peluncuran ini jadi tidak misterius lagi. Namun apa yang ditawarkan Apple, ternyata berhasil merebut perhatian para developer yang hadir.

Notifikasi Interaktif dan Multitask Model Baru

Di iOS 7, kita bisa mendapati notifikasi-notifikasi khusus, walaupun sedang memakai aplikasi yang berbeda. Dengan iOS 8, notifikasi tersebut ditambahkan dengan pilihan untuk melakukan sesuatu terkait notifikasi tersebut, seperti menjawab pesan, atau menyetujui sebuah janji, dan sebagainya, tanpa harus menghentikan aplikasi yang sedang kita buka.

Selain itu, fitur mulitasking juga mengalami perubahan. Kini, di atas layar fitur multitask yang biasa, akan ada daftar rekan yang paling sering kita hubungi, dengan pilihan untuk menelepon dan mengirimkan sms seperti yang sudah ada di iOS 7.

Sistem Pencarian yang Lengkap

Sama dengan yang ada di OS X Yosemite, sistem pencarian di iOS 8 juga mengalami perubahan yang serupa. Hampir segala hal bisa ditampilkan di sana. Bila dilihat, tampilannya serupa dengan yang biasa kita lihat jika menggunakan Siri (aplikasi kecerdasan buatan milik Apple).

Keyboard Pintar

iOS 8 Keyboard

Seperti tidak mau kalah dengan LG G3, Apple juga melakukan modifikasi terhadap keyboard iPhone mereka. Di iOS 8, keyboard device kita bisa menebak kata yang akan kita ketik selanjutnya, sesuai dengan kebiasaan kita. Bahkan, bila kita mendapat pesan yang berupa pilihan seperti “Apakah anda ingin ke Kota A atau Kota B?”, maka iOS 8 akan memberi pilihan Kota A dan Kota B, yang bila kita tekan akan otomatis menjawab pesan singkat tersebut.

Aplikasi Kesehatan

Saat ini, banyak sekali aplikasi untuk menjaga kesehatan kita, yang tersebar di AppStore. Sayangnya, semua aplikasi tersebut seolah berdiri sendiri-sendiri. Melihat hal itu, Apple pun membuat HealthKit dan memasukkannya sebagai fitur baru di iOS 8. Di dalamnya, kita bisa menambahkan aplikasi-aplikasi kesehatan favorit kita, dan melihatnya dalam sebuah kesatuan data yang lengkap.

Family Sharing

Dengan Family Sharing, maksimal 6 anggota keluarga di dalamnya, kita bisa langsung berbagi foto, agenda kerja, dan lain-lain. Fitur ini juga mengizinkan kita untuk melacak lokasi setiap anggota keluarga kita. Lebih dari itu, semua anggota Family Sharing bisa menggunakan 1 Kartu Kredit, dan setiap seorang anak ingin membeli aplikasi via AppStore, sang orang tua harus menetujuinya terlebih dahulu.

Selain semua modifikasi di atas, masih ada perubahan-perubahan menarik seperti fitur photo editing dan perubahan AppStore yang mempermudah pengguna untuk mencari aplikasi tertentu. Bagaimana pendapat anda? Puaskah dengan semua perubahan yang ada di iOS 8?

Sumber Gambar : 9to5mac.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>