Apple dan Samsung Berperang, Siapa yang Akan Menang?

Apple vs Samsung

Apple dan Samsung kembali berseteru di pengadilan. Kali ini, giliran Apple yang berhasil memenangkan gugatan atas beberapa paten yang menurut mereka telah dilanggar oleh Samsung, dan memaksa produsen smartphone asal Korea Selatan itu untuk membayar ganti rugi sebesar 119.6 Juta Dollar. Namun, nilai ini sebenarnya masih jauh dari angka 2.2 Milyar Dollar yang sebenarnya diharapkan Apple.

Beberapa hak paten yang terbukti dilanggar oleh Samsung di antaranya:

1. Data Tapping – fitur yang membuat kita bisa langsung menelepon ke nomor yang disertakan di dalam email.

2. Slide to Unlock – fitur untuk membuka kunci pengaman telepon dengan menggerakan jari di atas layar.

3. Auto Complete – fitur yang bisa memberikan saran ketika kita mengetik sebuah kata.

Sebelumnya, Apple-lah yang terbukti melanggar beberapa paten Samsung, dan harus membayar 158.4 Ribu Dollar. Perang gugat-menggugat dua produsen smartphone terbesar di dunia itu sepertinya sulit untuk menemukan titik puncaknya. Pertanyaannya, apakah hal seperti ini ada manfaatnya?

Faktanya, mengajukan gugatan ke pengadilan, akhirnya membuka pernyataan Steve Jobs yang mendeklarasikan ‘Perang Suci’ terhadap Android. Di sisi lain, pengadilan juga memaksa Samsung untuk mengungkapkan niatan mereka untuk menjadikan kematian Steve Jobs sebagai salah satu kesempatan marketing mereka. Dua hal itu saja sudah begitu merusak citra mereka di hadapan masyarakat. Selain itu masih banyak dokumen-dokumen rahasia seperti hasil analisa pasar dan dokumen strategi marketing yang harus mereka buka di meja hijau, di hadapan pesaing terbesar mereka.

Tentu Apple dan Samsung tidak mengharapkan hal seperti itu di awal mereka mulai mengajukan gugatan ke pengadilan. Bila ditambah dengan uang yang harus mereka keluarkan untuk menyewa pengacara-pengacara kelas atas, maka kerugian itu akan makin terasa. Bagi kita, waktu yang dihabiskan oleh Apple dan Samsung di pengadilan rasanya akan lebih bermanfaat kalau dialihkan untuk memikirkan inovasi-inovasi besar yang bisa merubah dunia.

Saat ini dunia sangat bergantung pada Apple dan Samsung, terutama untuk urusan teknologi smartphone. Semoga mereka bisa berhenti berseteru, dan kembali berkonsentrasi pada pembuatan teknologi baru yang bisa memanjakan kita. Kalau tidak, akan ada produsen-produsen lain yang siap menggantikan posisi mereka sebagai raja smartphone dunia dan menjadi pemenang sesungguhnya dari perang tersebut.

Sumber Gambar : vanityfair.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>