Apple Akhirnya Resmi Mendapatkan Beats Electronic

Beats-Apple

Setelah digosipkan selama berminggu-minggu, akuisisi Apple atas Beats Electronic pun akhirnya terjadi juga. Beats adalah perusahaan pembuat headphone dan penyedia layanan music streaming yang dimiliki oleh rapper kelas dunia, Dr. Dre, dan seorang entrepreneur di dunia musik, Jimmy Iovine. Dan seperti yang diperkirakan sebelumnya, Apple membeli Beats dengan harga 3 Milyar Dollar.

Beats merupakan pembelian terbesar Apple dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya, Apple hanya mengakuisisi perusahaan-perusahaan kecil yang berharga murah. Pembelian besar terakhir yang dilakukan oleh Apple adalah saat mereka membeli NeXT, yang lebih dimaksudkan untuk mengembalikan Steve Jobs yang saat itu menjadi pemilik NeXT. Melihat hal itu, pasti ada sesuatu yang benar-benar diinginkan Apple dari Beats.

Dalam sebuah wawancara selepas pengumuman akuisisi ini, Tim Cook (Chief Executive Officer dari Apple) mengatakan kalau mereka membeli Beats karena musik. Sudah sejak lama Apple masuk ke dalam bisnis musik dengan produk iPod dan layanan iTunes. TIm Cook bahkan mengatakan kalau musik adalah bagian dari DNA Apple. Dan bergabungnya Beats akan memperbesar pengaruh Apple di dunia musik.

Lalu mengapa Apple masih membeli Beats, padahal mereka telah mempunyai layanan musik sendiri (iTunes) ?

Tim Cook mengatakan kalau Beats memiliki sumber daya manusia yang benar-benar mengerti musik, bahkan pemiliknya sendiri adalah seorang pemusik. Dan bila dibandingkan dengan layanan music streaming yang lain, Beats mungkin bukan yang terbesar, namun Beats adalah layanan pertama yang membuatnya dengan benar. Bergabungnya Apple dan Beats diyakini akan melahirkan sebuah fenomena baru di dunia musik dunia.

Selepas akuisisi ini, Beats akan tetap beroperasi seperti biasa. Layanan music streaming mereka, Beats Music, akan tetap berjalan, sedangkan produk headphone mereka sepertinya akan mulai dijual bersama dengan produk-produk Apple yang lain. Di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, penjualan bersama produk Apple dan Beats sudah mulai dilakukan. Dr. Dre dan Jimmy Iovine juga akan masuk ke jajaran manajemen Apple.

Dengan berita kalau Apple akan membuka kantor dan toko di Jakarta, sepertinya Beats juga akan mendapatkan rumah yang resmi bagi mereka di Indonesia.

Sumber Gambar : forbes.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>