Aplikasi Pencatat Pengeluaran Jojonomic Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

Jojonomic

Keuangan, merupakan salah satu hal yang kadang sangat sulit untuk dikendalikan. Tak peduli para remaja ataupun orang tua, hampir semuanya mengeluh betapa mereka sering tak berdaya menghadapi mimpi buruk yang bernama ‘tanggal tua’. Padahal penghasilan mereka sebenarnya bisa saja cukup atau berlebih untuk biaya hidup sebulan, namun karena perencanaan keuangan yang kurang baik, akhirnya penghasilan tersebut langsung habis sebelum ‘tanggal tua’ tiba. Kalau sudah begini, menabung pun akan jadi sebuah hal yang sulit. Hal ini akan mengakibatkan kehidupan yang tidak berkembang, dan sangat beresiko apabila kita tiba-tiba membutuhkan uang dalam jumlah banyak, misalnya ketika ada anggota keluarga kita yang sakit.

Pentingnya Pencatatan Keuangan

Masalah keuangan sebenarnya dapat teratasi, apabila kita bisa membuat perencanaan keuangan yang baik, dan selalu memonitor setiap pengeluaran yang kita lakukan. Masalahnya, orang kadang kesulitan untuk membuat perencanaan sendiri, terutama untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Memonitor keuangan pun bukan suatu hal yang mudah, karena sejauh ini belum ada alat bantu yang mudah digunakan. Butuh ketekunan ekstra untuk mencatat itu semua, dan inilah yang membuat banyak orang enggan untuk mengatur keuangan mereka.

Jojonomic Money

Fenomena tersebut akhirnya menginspirasi lahirnya sebuah startup fintech (startup teknologi yang bergerak di bidang finansial / keuangan) di Indonesia, yang bernama Jojonomic, pada bulan Agustus 2015 yang lalu. Mereka menamakan produk mereka sebagai ‘silly-easy personal finance’. Sesuai dengan masalah yang saya sebutkan di atas, Jojonomic berniat untuk menjadi alat bantu untuk merencanakan keuangan anda, sekaligus memonitor setiap pengeluaran anda. Khusus untuk solusi pencatatan atau monitoring keuangan, Jojonomic seperti tahu kalau pengguna hanya akan memakai aplikasi mereka jika aplikasi tersebut mudah digunakan. Karena itu, dalam aplikasi Jojonomic, input transaksi bisa dilakukan dengan hanya 2 tap. Aplikasi Jojonomic tak hanya tersedia untuk platform iOS dan Android saja, tapi juga sudah bisa digunakan dengan Apple Watch.

Usia 20 Sampai 30 Tahun, Waktu Tepat Membentuk Financial Habit

Menurut Jojonomic, target pasar mereka adalah semua orang yang sudah butuh perencanaan keuangan, mulai dari pelajar SMA berusia 16 tahun, hingga pekerja yang menjelang masa pensiun di usia 56 tahun. Namun di antara rentang waktu tersebut, masa-masa paling penting adalah di usia 20 sampak 30 tahun, di mana masa-masa itu adalah saat yang tepat untuk membentuk Financial Habit (kebiasaan keuangan) yang tepat. Mereka harus tahu bagaimana cara berinvestasi, menabung, dan mengeluarkan uang dengan benar dan tepat guna.

Jojonomic Holiday

Selain mengatur keuangan bulanan, Jojonomic juga bisa menjadi pengingat kita akan target keuangan jangka panjang, seperti mimpi dan keinginan untuk membeli rumah, naik haji, menyekolahkan anak di luar negeri, atau semacamnya. Dengan memasukkan data-data penghasilan kita, Jojonomic bisa membantu kita untuk memperketat pengeluaran tiap bulan. Tak hanya itu, di dalam aplikasi Jojonomic kita juga bisa saling bertukar tips keuangan dengan para pengguna lainnya.

Jojonomic Juga Membuat Solusi Keuangan B2B

Selain membuat solusi keuangan untuk personal, Jojonomic juga membuat solusi untuk perusahaan yang ingin menyederhanakan fasilitas reimbursement. Dengan aplikasi Jojonomic Pro, karyawan sebuah perusahaan tak perlu mengurus administrasi yang berbelit-belit jika ingin mengurus reimbursement perjalanan dinas, transportasi, dan semacamnya. Mereka hanya perlu memfoto bukti pembayaran mereka dengan aplikasi tersebut, dan secara otomatis proses reimbursement tersebut akan berjalan.

Jojonomic Trip

Untuk pemasaran produk, Jojonomic juga telah menyiapkan agen-agen sales untuk membantu masyarakat untuk memahami masalah apa yang coba dipecahkan oleh Jojonomic. Agen sales tersebut dikenal dengan nama Financial Consultant. Mereka akan melakukan tatap muka dengan para calon pengguna Jojonomic dan memberikan tips-tips keuangan yang bisa diterapkan.

Minat East Ventures Untuk Startup Fintech Indonesia

Berbagai potensi yang dimiliki Jojonomic membuat firma pendanaan East Ventures tertarik. Pendanaan berupa sebuah seed funding dalam jumlah yang tidak disebutkan baru-baru ini pun diberikan oleh East Ventures kepada Jojonomic. Wilson Cuaca, selaku Managing Partners East Ventures, mengatakan kalau bisnis Financial Technology (Fintech) akan sangat berkembang di wilayah Asia Tenggara, dan Jojonomic bersama tim dan kemampuan eksekusinya bisa menangkap peluang ini dengan baik.

Pendanaan ini akan dimanfaatkan oleh Jojonomic untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Mereka berharap bisa menjadi layanan terdepan dalam bisnis keuangan ini, mengingat saat ini belum ada pemain yang benar-benar besar.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>