Aplikasi Mobile Kini Makin Sering Dipakai

Mobile Application

Di masa-masa awal perkembangan internet, membuka browser seakan menjadi sesuatu yang wajib, karena hanya itulah satu-satunya cara agar kita bisa terhubung dengan dunia maya. Tak peduli pengguna tersebut sedang memakai PC, Laptop, atau perangkat mobile, mereka semua mengakses internet lewat browser. Namun kini, pengguna smartphone malah lebih suka mengakses internet lewat Aplikasi Mobile daripada Browser. Tak percaya? Mari ambil contoh yang paling mudah, apakah anda lebih sering mengakses Twitter lewat aplikasi Twitter atau website resmi mereka di www.twitter.com? Sepertinya jawabannya sudah jelas.

Sebuah firma yang mengkhususkan diri untuk menganalisa aplikasi mobile, Flurry, baru-baru ini mengeluarkan laporan yang mendukung pernyataan tersebut. Menurut Flurry, rata-rata pengguna menghabiskan waktu selama 2,5 jam setiap hari di perangkat mobile mereka. Dan dari waktu tersebut, 86% mereka gunakan untuk mengakses aplikasi mobile. Simon Khalaf, CEO dari Flurry, mengatakan kalau saat ini, browser di perangkat mobile bukanlah sesuatu yang spesial lagi. Kini browser hanyalah sebuah aplikasi di tengah aplikasi-aplikasi mobile yang lain.

 Flurry Data

Lalu aplikasi apa yang paling banyak dipakai pengguna?

Menurut Flurry, para pengguna paling banyak memakai aplikasi mobile untuk bermain game dengan persentase penggunaan 32%, diikuti dengan aplikasi-aplikasi sosial media (28%). Khusus untuk kategori sosial media, Facebook masih memimpin dengan angka 17%. Sayangnya, angka tersebut adalah sebuah penurunan karena pada tahun 2013 Facebook bisa menembus angka penggunaan 18%.

appcategories

Sebenarnya apa sih perbedaan antara Aplikasi Mobile dan Browser?

Perbedaan tersebut sudah saya jelaskan sedikit di artikel sebelumnya. Bila kita membuka sebuah website lewat browser, maka kita akan mendapatkan tampilan yang penuh dengan keterbatasan. Batasan tersebut diakibatkan oleh bahasa pemrograman yang digunakan (HTML, PHP) adalah bahasa-bahasa yang diperuntukkan untuk penggunaan di PC atau Laptop.

Sedangkan pada aplikasi mobile, mereka menggunakan bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk penggunaan di perangkat mobile. Ciri khususnya adalah pada tombol-tombol yang jelas terlihat, storage yang tidak terlalu besar, dan penggunaan yang disesuaikan untuk layar touchscreen. Untuk menyambungkan sebuah aplikasi mobile dengan sebuah server, harus ada Application Programming Interface (API) yang menjadi semacam jembatan penghubung antara keduanya.

Sumber Gambar : techcrunch.com, wit.co.th

 

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

2 Responses

  1. Sahira says:

    kalo saya malah biar ga kebanyakan apps jadi socmednya diakses via browser.. kecuali path sama instagram yang memang harus dari aplikasi hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>