Aplikasi Facebook di Android Crash, Diduga Lanjutan Rencana Facebook untuk Melepaskan Diri Dari Play Store

Pernahkah anda mengalami aplikasi Facebook di gawai anda tiba-tiba crash ?

 

Jika Anda baru mengalaminya beberapa hari yang lalu, maka bisa jadi Anda merupakan salah satu bagian dari kelinci percobaan Facebook untuk mengetahui seberapa besar tingkat ketergantungan para pengguna Facebook.

 

Berdasarkan kicauan dari salah seorang jurnalis The Information, Facebook memiliki pengguna di Android jumlahnya yang sangat besar : 1 milyar.

facebook down_0

Pada bulan November, Chief Product Officer mereka, Chris Cox menyuruh sebagian pegawai mereka untuk mengganti gawai yang mereka gunakan menjadi Android. Hal ini dilakukan guna mendorong para programmer mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi yang lebih kuat.

 

Berdasarkan artikel yang dilansir oleh The Information, “Facebook sedang menguji tingkat ketergantungan para penggunanya dan memastikan mereka dapat mengunduh langsung aplikasi Facebook tanpa melalui Google Play.”

 

Laporan The Information berdasarkan inforrmasi dari seorang pengguna yang cukup familiar dengan percobaan tersebut dan menyatakan  “Facebook secara rahasia memasukkan kesalahan yang akan secara otomatis menyebabkan aplikasinya crash selama berjam-jam.” Tujuan uji coba ini kelak adalah untuk mempersiapkan Facebook seandainya terjadi konflik dengan Google yang memaksa mereka untuk meninggalkan Google Play app store. Tidak menutup kemungkinan ke depannya Facebook akan memiliki

 

Sebelumnya, pada tahun 2014, Facebook sempat matis selama 40 menit dan memicu kemarahan di dunia maya hingga memunculkan tagar #Facebookdown. Sebagian netizen ketika itu ada yang bersyukur ketika Facebook mati sebab mereka mendapat waktu lebih untuk berkumpul dengan sanak famili yang selama ini dikalahkan kehadirannya oleh media sosial seperti Facebook. Facebook sempat meminta maaf setelah kejadian tersebut berlangsung.

 

Sampai saat ini pihak Facebook masih belum memberikan keterangan terkait alih-alih memberikan permintaan maaf seperti sebelumnya.

 

 

 

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>