Apakah iPhone (Masih) Smartphone Terbaik?

image

iPhone adalah sebuah produk besar, semua setuju dengan hal tersebut. Bahkan secara penjualan iPhone berada di atas Microsoft. Yup, iPhone bukan hanya lebih besar dari Windows atau xBox, tapi ia juga lebih besar dari Microsoft secara keseluruhan. Sayangnya, kesuksesan ini bagai pisau bermata dua. Kalau penjualan iPhone mengalami kemunduran (seperti yang banyak dikemukakan para analis akhir-akhir ini), bukankah itu sesuatu yang mengkhawatirkan?

iPhone memang produk besar, tapi ia bukan lagi produk terbaik. Operating System yang nyaman dan terpercaya bisa kita dapatkan pada Android (atau bahkan Firefox OS). Jika kita ingin kamera yang mumpuni, rasanya produk-produk Sony jauh lebih baik. Aplikasi berkualitas kini banyak tersedia di Google Play dan Amazon Appstore. Semua hal berkualitas yang dimiliki Apple kini sudah bisa didapat dari produk-produk kompetitor. Untuk apa lagi kita membeli iPhone?

“iPhone dibuat dengan teknologi yang 5 tahun lebih maju.” – Steve Jobs

Tak ada yang akan menyanggah kata-kata ini. Namun bila diperhatikan, kalimat ini bisa diartikan dengan cara yang berbeda. Sewaktu pertama kali diluncurkan, iPhone memang memakai teknologi yang jauh lebih maju, namun setelah 5 tahun, kompetitor akan hadir dengan teknologi yang setara. Bila mengacu pada saat pertama kali iPhone lahir ke dunia, maka batas waktu tersebut akan terlewati pada tahun 2012. Kini sudah 1 tahun berlalu sejak batas waktu yang ditetapkan Steve Jobs, dan Apple belum juga menghadirkan sesuatu yang berbeda dari iPhone. Bisakah kita mengatakan kalau, “Produk kompetitor hadir dengan teknologi yang 1 tahun lebih maju daripada iPhone” ??

Kini hanya komunitas pengguna yang membuat Apple tetap dilirik. Mungkin iCloud bisa kita tambahkan karena buktinya aplikasi tersebut bekerja lebih baik dari Google Drive atau semacamnya dari sisi kemudahan akses. Tapi sebulan lagi Google I/O akan berlangsung, dengan peluncuran produk-produk baru yang bisa bersaing dari sisi kualitas dan harga, bisakah iPhone terus bertahan?

Sumber Gambar : macrumors.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>