Apa yang Bisa Kita Lihat di Google I/O 2014 ?

Google I O

Google I/O merupakan acara tahunan yang dibuat oleh Google sebagai ajang berkumpul untuk para developer mereka. Acara ini biasanya diselenggarakan di San Fransisco, Amerika Serikat, sekitar bulan Mei dan Juni. Tahun ini, Google kembali akan menyelenggarakan Google I/O pada tanggal 25 – 26 Juni 2014, alias minggu depan.

Pada acara Google I/O tahun lalu, Google mengumumkan peluncuran Google Play Music, Google Hangouts, dan Android Studio. Selain itu, mereka juga mengabarkan tentang update terbaru terhadap layanan-layanan mereka mulai dari Google Plus sampai Google Maps. Nah, kira-kira apa yang akan diumumkan oleh Google pada gelaran Google I/O tahun ini?

1. Android 5.0 atau Android Lollipop

Android Timeline

Sekitar 9 bulan yang lalu, Google mengumumkan kehadiran Android 4.4 atau yang biasa disebut dengan nama Android KitKat. Mengingat kebiasaan Google yang selalu meluncurkan update terbaru dari sistem operasi Android sekitar 8 bulan sekali, maka kemungkinan besar mereka juga akan melakukannya lagi di acara Google I/O minggu depan. Update yang mereka keluarkan bisa merupakan Android 4.5 (update minor / kecil), atau bisa juga mereka langsung melompat ke Android 5.0 (update major / besar). Kira-kira apa nama yang akan digunakan untuk update terbaru Android tersebut? Setelah Android KitKat (diawali huruf ‘K’), maka seharusnya nama update terbaru Android kali ini akan diawali dengan huruf L, dan banyak yang mengatakan kalau Google akan memakai nama Lollipop.

2. Nexus 10 atau Chromebook Pixel 2

Setiap peluncuran update terbaru dari sistem operasi Android, Google juga punya kebiasaan untuk membagi-bagikan gadget terbaru secara gratis. Gadget tersebut pastinya sudah bisa mendukung sistem operasi Android terbaru yang dirilis bersamaan. Tahun lalu, Google membagi-bagikan Chromebook Pixel kepada setiap peserta sesi Keynote di awal event Google I/O. Tahun ini, mereka diperkirakan akan melakukan hal yang sama. Apa device yang akan mereka bagikan kali ini? Bila melihat iPad yang semakin meraja, kemungkinan Android akan berusaha mengimbanginya dengan Nexus 10 yang telah diupdate, atau bahkan Chromebook Pixel 2.

3. Google Watch

Untuk urusan smartwatch, saat ini yang paling terkenal di seluruh dunia adalah Pebble, dan sepertinya Google akan berusaha menyaingi kejayaan mereka. Beruntung Google telah mempunyai Android Wear, sebuah sistem operasi yang khusus dibuat untuk bekerja di dalam gadget berukuran kecil seperti smartwatch. LG telah menggunakan Android Wear di dalam LG G Watch, sedangkan Motorola juga telah menggunakannya untuk Moto 360. Pantas rasanya kalau event Google I/O kali ini menjadi saat dirilisnya sebuah smartwatch baru yang juga menggunakan platform tersebut.

4. Google Glass

Google Glass

Cerita tentang update terkini soal Google Glass, pasti selalu menarik. Bagi pembaca yang belum tahu, Google Glass adalah kacamata pintar yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang sebelumnya hanya bisa kita temukan dalam smartphone. Dengannya kita bisa menelepon, mengambil gambar, dan lain-lain. Salah satu penulis Aitinesia juga telah mencoba gadget terbaru dari Google ini. Dalam event Google I/O kali ini, kemungkinan Google akan berbagi kisah yang dialami oleh para penguji coba pemakaian Google Glass, yang biasa disebut Glass Explorer. Mereka juga akan mengumumkan beberapa aplikasi baru yang telah tersedia di Google Glass.

5. Lawan Sepadan untuk Apple CarPlay

Apple dan Google memang terus berusaha menjadi yang pertama dalam hal-hal berbau teknologi. Untuk urusan smartwatch, Google tampak menang dengan Android Wear, sementara Apple belum meluncurkan iWatch sampai saat ini. Namun untuk urusan teknologi mobil, Google kalah dari Apple yang telah meluncurkan Apple CarPlay. Dalam event Google I/O tahun ini, sepertinya Google akan membalas dengan meluncurkan sesuatu yang baru. Selain itu, mungkin juga akan menghadirkan cerita baru dari pengembangan Self-Driving Car (mobil yang bisa berjalan sendiri secara otomatis), proyek terbaru Sergey Brin di Google X.

Jadi, mari bersiap untuk menyambut Google I/O. Simak terus perkembangan yang terjadi di sana lewat website kesayangan anda ini, stay tuned.

Sumber Gambar : mercury.io, systoolsgroup.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>