Apa itu Xiaomi?

xiaomi Mungkin ada yang pernah mendengar nama Xiomi muncul di headline beberapa portal berita Indonesia beberapa waktu yang lalu (misalnya disini, disini, dan disini). Mungkin juga ada yang sudah paham dengan apa itu Xiaomi karena sering nongkrongin GizChina atau portal tekno Cina lainnya. Berbeda dengan Oppo yang telah lama mengedarkan produk smartphone-nya di Indonesia, Xiaomi belum pernah menjual satu produk pun. Namun apa yang membuat perusahaan ini mampu mencetak headline di Indonesia tanpa pernah sekalipun mengeluarkan produknya disini?

Cost-Effective Android

“Xiaomi adalah perusahaan mobile internet yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna (user experience) dalam segala aspek. Didirikan di tahun 2010, perusahaan telah dengan cepat menjadi salah satu perusahaan tech terdepan di Cina. Saat ini perusahaan memiliki valuasi sebesar lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari 3000 karyawan.” – about us| Xiaomi.com

Pada dasarnya, Xiaomi (dibaca: Syo-mi) adalah produsen smartphone asal Cina yang memproduksi smartphone berbasis Android. Yang membuat Xiaomi begitu bersinar adalah harga dari perangkat yang dijual, serta kualitas dari perangkat itu sendiri. Sejak 3-4 tahun yang lalu, seiring berkembangnya perangkat Android, banyak perusahaan Cina yang ikut berlomba menggarap pangsa pasar menggiurkan ini. Strateginya kurang lebih sama, mengeluarkan perangkat Android low-end dengan harga yang lebih low dibanding pasaran. Diantara pemain-pemain yang tersebut, muncul beberapa perusahaan yang  mengeluarkan perangkat Android hi-end dengan harga yang sangat murah: Xiaomi.

Mi3

Xiaomi Mi3Memproduksi perangkat Android hi-end dengan harga terjangkau telah mengangkat Xiaomi di puncak pangsa pasar Android di negaranya. Sebagai ilustrasi untuk menggambarkan seberapa hi-end dan murahnya Android besutan Xiaomi, mari kita tengok flagship terbarunya; Xiaomi MI3.

Xiaomi Mi3 SpekXiaomi Mi3 Spek

 

 

Hampir semua spesifikasi yang muncul di smartphone flagship dapat ditemui di Mi3 seperti Qualcomm Snapdragon 800 (chipset papan atas qualcomm di 2013), 2GB RAM, 1080p Full HD display, 13MP kamera, serta baterai sebesar 3050mAh. Hal ini membuktikan Mi3 merupakan pemain papan atas. Harganya? 1999 Yuan untuk 16GB atau 329 USD atau sekitar Rp.3.800.000.

Mi3 VS S4

Apabila Anda tidak cukup terkesan dengan harga dan hardware yang ditawarkan, mari kita coba bandingkan dengan Samsung Galaxy S4 yang saat ini masih dibanderol diatas Rp.6juta-an.

xiaomi mi3 vs samsung galaxy s4 antutuBerhubung kami tidak memiliki baik Mi3 maupun S4, kami menampilkan beberapa statistik yang dibuat dengan baik oleh phonerocket.com (detil perbandingan dapat dilihat disini). Yang cukup mencolok adalah skor AnTuTu.

Memang tidak salah pendapat yang mengungkapkan bahwa skor AnTuTu tidak selalu menentukan kualitas total dari perangkat Android yang diuji, namun kami berpendapat skor ini dapat menjadi gambaran mengenai performa kasar dari hardware yang dimiliki perangkat tersebut. Terlebih dalam membandingkan dua perangkat yang memiliki perbedaan skor yang cukup jauh. Seperti dalam kasus Xiaomi Mi3 dan Samsung Galaxy S4 kali ini.

Dengan chipset Snapdragon 800-nya, Mi3 berhasil melampaui skor S4 lebih dari 10.000 poin menyentuh angka 36.000. Sedikit perangkat Android yang beredar saat ini yang mampu menandingi angka tersebut.

Selain perbandingan AnTuTu, Phonerocket.com juga memberikan beberapak poin perbandingan. Antara lain sebagai berikut:

mi3 vs s4

Billion Dollar Club

Kami menampilkan ini tidak ada maksud untuk mengecilkan Samsung Galaxy S4, bahkan menurut kami S4 merupakan salah satu dari sedikit pilihan flagship terjangkau yang saat ini beredar di tanah air. Perbandingan ini semata menunjukan kualitas dan keseriusan Xiaomi dalam menggarap gadget Android dengan harga yang lebih terjangkau. Maka tidak begitu mengejutkan ketika Start-up yang baru berdiri sejak 3 tahun lalu ini divaluasi sebesar 10 milyar dollar US.

Billion Dollar Club

 

Xiaomi saat ini tengah merintis pasar Singapur sebagai hub bisnisnya di Asia Tenggara. Sangat mungkin dalam beberapa saat kedepan Xiaomi akan mengikuti jejak Oppo menancapkan markasnya di Indonesia.

 

Sumber:

gsmarena spek | billion dollar club | phonerocket vs | Xiaomi Home

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>