Apa Itu USB OTG (On-The-Go) ?

USB OTG atau On-The-Go merupakan sebuah development lanjutan dari USB 2.0 yang memungkinkan penggunanya untuk mekoneksikan dua devices berbeda tanpa harus terkoneksi dengan PC terlebih dahulu.

Dengan adanya USB On The Go ini, kita bisa langsung mentransfer file besar dari smartphone ke Ipad tanpa harus memindahkan memory card terlebih dahulu, mengirimkan gambar yang akan dicetak printer langsung dari camera digital atau DSLR, menyambungkan keyboard dengan smartphone/tablet, atau yang populer akhir-akhir ini sebagai DSLR controller dengan bantuan aplikasi DSLR Controller, smartphone kalian bisa dengan mudah digunakan sebagai panel kit untuk DSLR. Malahan dengan alternatif menggunakan layar smartphone contohnya Samsung Galaxy Tab atau Note sebagai DSLR controller justru membantu fotografer karena layar smartphone yang lebih luas untuk viewfinder ketimbang layar DSLR.

Dengan hanya menghubungkan dua devices yang kompatibel dengan USB OTG saja tidak cukup, pengguna juga harus memiliki OTG kabel yang sesuai dengan masing-masing alat. Umumnya untuk smartphone terdapat port Micro USB dan/atau Mini USB atau port spesifik sesuai pabrikan device tersebut.

Mini 5 Pin USB OTG 03

Mini USB OTG

micro usb OTG

Micro USB OTG

Hal lain yang harus diperhatikan dalam penggunaan USB OTG ini adalah format flashdisk dan memory card. Pastikan format yang digunakan FAT32, karena dengan format lain akan memaksa device menggunakan FAT32 yang berisiko membuat corrupted data pada memory card tersebut.

Lalu bagaimana memastikan smartphone kita support USB OTG atau tidak? Anda bisa download dan install aplikasi USB Host Diagnostic gratis di Google Play Store atau App store. Apabila notifikasi claims support dan devide detected  pada TAB Kernel dan Notifikasi OS Support pada TAB Verdict adalah YES, bisa dipastikan jika smartphone anda mendukung USB OTG.

Sumber: www.usb.org

Meidiana

Spend most of her time to enjoy the life and travel. Saint Augustine said "The World is a book, and those who do not travel read only a page". I want to finish my book then.

More Posts - Website

Follow Me:
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>