Apa Itu MIUI?

MIUI

Bagi anda yang mengikuti perkembangan smartphone dari Tiongkok, terutama bagi yang mengenal atau bahkan sudah menjadi penggemar smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi, pasti pernah mendengar tentang MIUI. Pertama-tama, cara membacanya adalah “mi-yu-ai”. MIUI adalah kepanjangan dari Mi User Interface, di mana kata “Mi” sendiri merujuk pada nama produsen Xiaomi.

Apa Sebenarnya MIUI Ini?

Bila anda telah membaca artikel saya sebelumnya mengenai CyanogenMod, nah MIUI ini tak jauh berbeda. MIUI adalah sebuah perubahan yang dibuat oleh pihak ketiga, terhadap sistem operasi Android. Steve Kondik menemukan sebuah celah keamanan yang memungkinkan dia untuk merubah tampilan dan sistem di dalam Android (yang selanjutnya ia beri nama CyanogenMod). Hal yang sama juga dilakukan oleh Xiaomi dengan MIUI.

Apa Keunggulan dari MIUI?

MIUI menyediakan banyak sekali bentuk tampilan yang bisa dipilih oleh penggunanya. Tampilan yang diberikan bahkan tidak jauh berbeda dengan yang ada pada iOS, sistem operasi milik Apple. Selain itu, mereka juga menyediakan fitur-fitur menarik, termasuk fitur alarm yang bisa berbunyi walaupun smartphone dalam kondisi mati. Dan yang paling menarik dari MIUI ini, adalah update yang diberikan setiap minggunya. Hampir semua update tersebut juga berdasarkan masukan yang diberikan oleh para pengguna di forum MIUI.

Bagaimana Cara Memasang MIUI?

Jika anda membeli smartphone Xiaomi, maka anda akan langsung mendapatkan MIUI sebagai ‘jeroan’ dari smartphone kalian. Bagaimana bila kita sudah mempunyai smartphone lain, tapi ingin menggunakan MIUI? Tenang saja, Xiaomi sudah mempublikasikan MIUI agar bisa dipakai oleh smartphone Android manapun. Tapi untuk itu, kalian harus melakukan rooting (menjebol akses utama smartphone), yang artinya akan menghilangkan garansi smartphone anda.

Tidak ingin garansi anda hilang? Tenang saja, masih ada cara lain, yaitu dengan mendownload MIUI Launcher di Google Play. Dan … voila, selamat menggunakan MIUI. Akan selalu ada cara untuk menggunakan MIUI.

Sekilas Tentang MIUI V6

MIUI V6

Baru-baru ini, Xiaomi meluncurkan MIUI versi terbaru, yang mereka beri nama MIUI V6. Di dalam MIUI V6, mereka memberikan banyak themes baru yang bisa membuat tampilan smartphone kita menjadi lebih segar. Xiaomi juga menambahkan beberapa aplikasi yang langsung tersedia di MIUI V6, seperti MIUI Life, yang bisa kita gunakan untuk mencari lokasi hang-out yang menarik.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

3 Responses

  1. Quthni says:

    Knapa kamera depan hp xiomi 4i saya seperti tv rusak atau bnyak bintik2/seperti jutaan semut….awal pas buka kamera bagus..lama2 langsung jelek seperti tv rusak…jd sya klau mo foto pake kamera depan….pas buka kamera langsung jepret aja…jd gk bsa bergaya dech..hehehehe

  2. imron says:

    bagusan samsung

  3. dadan amrulah says:

    lumayan bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>