Apa Itu eSIM? Dan Kenapa Indosat Ngebet Mau Bikin Duluan?

eSIM

Akhir-akhir ini berhembus kabar kalau Apple dan Samsung tengah terlibat dalam sebuah pembicaraan dengan para penyedia layanan telekomunikasi besar, untuk mengimplementasikan sebuah teknologi baru yang disebut eSIM. Apa itu eSIM? eSIM adalah sebuah teknologi di mana kita bisa bebas berganti provider layanan telekomunikasi, tanpa harus mengganti SIM Card kita. Selama ini, kita masih terbiasa berganti-ganti SIM Card yang sejujurnya sangat merepotkan. Aktivitas itu tidak akan terjadi lagi bila kita telah menggunakan SIM Card khusus ini. Tak tanggung-tanggung, beberapa provider besar dunia pun telah diajak berkomunikasi oleh Apple dan Samsung terkait eSIM ini di antaranya AT&T, Deutche Telekom, Etisalat, Hutchinson Whampoa, Orange, Telefonica, dan Vodafone.

Sekali Lagi, Apa Itu eSIM?

eSIM sebenarnya adalah sebuah nama standard, yang sedang dipromosikan oleh GSMA (GSM Association) untuk diterapkan oleh seluruh penyedia layanan telekomunikasi di seluruh dunia. Apabila promosi ini sukses, maka nantinya seluruh smartphone yang beredar akan mempunyai sebuah SIM Card khusus yang sudah tertanam di dalam perangkat, dan tidak bisa dikeluarkan. eSIM ini nantinya akan menjadi seperti baterai yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat smartphone.

Lalu bagaimana kalau kita ingin berganti provider? Berbeda dengan SIM Card konvensional, eSIM ini akan bisa diprogram ulang oleh seluruh provider telekomunikasi di seluruh dunia. Bentuknya akan sama di seluruh dunia, dan mendukung teknologi yang sama pula. Karena itu, dengan eSIM kita tidak perlu lagi membeli kartu perdana, atau sibuk menyimpan beberapa kartu telepon, karena kita bisa dengan mudah mengganti provider yang kita inginkan. Kita juga bisa merubah mode pembayaran dari prabayar ke pasca bayar, atau sebaliknya, tanpa harus ribet mengganti-ganti SIM Card.

eSIM 1

Keuntungan yang lain adalah, tidak akan ada lagi perbedaan bentuk kartu mulai dari SIM Card ukuran normal, kemudian Micro SIM, lalu ada lagi Nano SIM. Kemungkinan, eSIM akan berukuran sama di seluruh dunia. Dan karena eSIM ini berlaku secara internasional, kita juga bisa bebas berganti-ganti provider bila bepergian ke negara lain, sekali lagi tanpa harus mengganti SIM Card.

Kapan eSIM Akan Hadir di Indonesia dan di Seluruh Dunia?

Penerapan eSIM ini tidak akan selesai dalam waktu singkat. Butuh waktu untuk mengubah spesifikasi hardware seluruh smartphone agar mendukung teknologi ini. Hingga saat ini bahkan masih belum ditetapkan akan seperti apa spesifikasi hardware yang dibutuhkan. eSIM ini dapat dipastikan akan menjadi kewajiban di masa depan, namun untuk saat ini jumlah smartphoneyang mendukung eSIM kemungkinan akan sangat terbatas. iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 dirumorkan akan menjadi yang pertama mendukung teknologi ini.

Di Indonesia sendiri, baru-baru ini Indosat mengumumkan kerjasama mereka dengan provider telekomunikasi asal Jepang, DoCoMo, terkait teknologi eSIM ini. Nampaknya, Indosat ingin menjadi yang pertama mengembangkan teknologi untuk mendukung eSIM, agar nanti ketika masanya datang, mereka akan siap menghadapinya. Teknologi ini disebut-sebut dapat meningkatkan perekonomian global karena bisa meningkatkan komunikasi ketika kita sedang berada di negara lain.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>