Apa Itu CyanogenMod?

CyanogenMod

Para penggemar sistem operasi Android sempat dikejutkan dengan kehadiran CyanogenMod, sebuah modifikasi dari sistem operasi resmi yang dibuat Android. CyanogenMod pada dasarnya adalah tetap sebuah sistem operasi Android, namun ia dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang menarik. Itulah mengapa kini banyak orang yang memakai CyanogenMod. Mereka menawarkan fitur yang lebih menarik, dan sebuah kesenangan tersendiri bagi yang suka ‘ngoprek’ smartphone.

Asal Mula Dibuatnya CyanogenMod

CyanogenMod pertama kali dibuat oleh seorang programmer bernama Steve Kondik. Ketika smartphone pertama yang menggunakan Android resmi diluncurkan (yang dikenal dengan nama T-Mobile G1), Kondik langsung menemukan sebuah celah di mana ia bisa merubah beberapa fitur yang dibawa oleh Android. Akhirnya, bermodal kemampuan programming yang ia miliki, Kondik pun membuat versi awal dari CyanogenMod. Ia juga mengumpulkan beberapa orang yang punya minat yang sama, untuk membuat sebuah komunitas CyanogenMod. Aktivitas Kondik pun menarik perhatian Samsung. Pada tahun 2011, Kondik meneriwa tawaran untuk bergabung sebagai software engineer di perusahaan tersebut.

Bergabungnya Steve Kondik dengan Samsung, ternyata tidak menjadi akhir pengembangan CyanogenMod. Merasa puas menimba ilmu di perusahaan asal Korea tersebut, Kondik memutuskan untuk keluar dari Samsung pada tahun 2013 dan membentuk sebuah perusahaan yang ia beri nama Cyanogen Inc. Dengan perusahaan barunya tersebut, Kondik ingin mengubah CyanogenMod dari proyek iseng-iseng menjadi sebuah produk komersial yang bisa dijual. Hingga akhir tahun 2013, ia telah mengumpulkan modal yang mencapai 23 Juta Dollar untuk ide bisnisnya tersebut.

Bagaimana Cara Memasang CyanogenMod di Smartphone Kita?

Saat ini, sudah tersedia semacam installer untuk memasang CyanogenMod di smartphone kita. Prosesnya sendiri masih cukup sulit untuk yang tidak terbiasa mengutak-atik smartphone. Karena itu, tidak disarankan bagi para pemula untuk mencoba memasang CyanogenMod sendiri. Selain itu, pemasangan CyanogenMod juga akan berakibat pada hilangnya garansi smartphone kita. Jadi, harap pikirkan baik-baik sebelum anda memutuskan untuk memasang CyanogenMod di smartphone anda.

Keuntungan Menggunakan CyanogenMod

Walaupun mempunyai resiko yang cukup besar, mulai dari hilangnya garansi hingga kemungkinan smartphone kita menjadi mati total bila terjadi kesalahan, namun fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh CyanogenMod membuatnya tetap diminati.

Yang paling banyak diinginkan oleh pengguna dari pemasangan CyanogenMod jelas perubahan tampilan menjadi sesuatu yang tidak biasa. Dengan begitu, smartphone yang menggunakan CyanogenMod bisa tampil sebagai smartphone yang unik. Untuk itu, di update terbaru mereka, CyanogenMod 11, Steve Kondik dan kawan-kawan memberikan sistem perubahan tampilan yang lebih mudah diakses dan lebih mudah digunakan. Selain itu, dengan CyanogenMod 11, kita juga bisa merubah Kontras dan Saturasi tampilan di layar smartphone. Di versi Android biasa, kita hanya bisa merubah kecerahan (Brightness) saja.

Hal lain yang membuat CyanogenMod kian diminati adalah fitur gesture tambahan yang bisa kita atur sesuai keinginan kita. Bayangkan ketika kita membuat bentuk lingkaran di layar smartphone, maka aplikasi kamera akan langsung terbuka. Modifikasi-modifikasi semacam itu bisa bebas kita lakukan bila di smartphone kita telah terpasang CyanogenMod.

Jadi, apakah anda pengguna CyanogenMod, atau seorang yang ingin menggunakan CyanogenMod? Mari berbagi di kolom komentar tentang apa yang anda sukai dari CyanogenMod.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>