Apa Itu AnTuTu Benchmark?

AnTuTu

Perkembangan teknologi pembuatan smartphone saat ini berjalan begiu cepat. Para produsen berlomba memperkenalkan teknologi-teknologi baru yang dipasang di produk mereka, demi menunjukkan kalau produk mereka adalah yang terbaik. Sayangnya, para pengguna terkadang tidak sanggup memahami istilah-istilah teknologi informasi yang begitu rumit, dan akhirnya mereka pun tidak bisa membedakan mana smartphone yang bagus, dan mana yang hanya pura-pura bagus.

Di seluruh dunia, kerancuan soal hal ini terlihat di banyak kasus. Salah satu contohnya adalah produsen yang mengaku telah memakai chip octa-core (8 prosesor yang digabung menjadi satu) di produk mereka, padahal itu hanya octa-core gadungan. Belum lagi kini kian marak device replika dengan tampilan yang hampir tidak bisa dibedakan dengan yang asli. Lalu bagaimana cara kita menghindari penipuan-penipuan semacam itu?

Baca Juga: Apa Itu AnTuTu Benchmark X?

Dalam dunia IT, ada yang dinamakan dengan benchmark. Benchmark adalah sebuah langkah-langkah pengetesan perangkat elektronik secara lengkap, dan di akhir tes kita akan langsung mendapatkan sebuah angka benchmark. Bila ketika SMP anda pernah belajar tentang ‘Besaran’ dan ‘Satuan’, maka bisa dibilang Benchmark adalah besaran untuk mengukur tingkat kehebatan sebuah barang elektronik, dengan sebuah Nilai Benchmark sebagai satuannya. Nilai benchmark biasanya distandarisasi oleh sebuah badan independen yang bisa dipercaya. Khusus untuk smartphone, badan Benchmark yang paling terkenal adalah AnTuTu (huruf ‘A’ dan ‘T’ ditulis dengan huruf kapital). Di bawah ini adalah contoh iklan yang menggunakan nilai AnTuTu sebagai alat promosi.

lenovo ideaphone k900

AnTuTu sebenarnya tidak sendirian di bidang benchmark. Ada pesaing-pesaing mereka yang bernama Quadrant, GLBenchmark, dan lain-lain. Tapi di antara semua badan tersebut, AnTuTu-lah yang paling dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Hampir semua bagian dari smartphone terkena pemeriksaan AnTuTu, mulai dari Central Processing Unit (CPU), Random Access Memory (RAM), Graphic Processing Unit (GPU), hingga perangkat Input dan Output (I/O). Mereka pun melengkapinya dengan tampilan yang mudah dimengerti, bahkan oleh orang awam sekalipun. Kita hanya perlu mendownload dari Google Play atau AppStore, dan langsung menekan tombol yang disediakan untuk melakukan benchmark.

AnTuTu jelas membuat masyarakat menjadi sadar mana smartphone yang baik dan mana yang tidak. Hal ini membuat beberapa produsen ‘nakal’ sempat mencoba untuk mencurangi sistem penilaian AnTuTu, agar produk mereka terlihat lebih bagus daripada yang sebenarnya. AnTuTu mengetahui hal itu, dan mereka pun terus memperbaiki sistem penilaian mereka agar tidak mudah dicurangi.

Jadi, sudah mengecek berapa skor AnTuTu smartphone anda?

Sumber Gambar : techpinas.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>