Android One, Cara Google Mendapatkan 1 Miliar Pengguna Baru

DSC_3238

Dalam gambar yang saya perlihatkan di atas, ada banyak sekali titik-titik berwarna biru yang tersebar di seluruh dunia. Kira-kira penanda apa itu? Ternyata itu adalah penanda jumlah orang yang belum menggunakan smartphone. Sebanyak itu? Yup, ternyata jumlah pengguna smartphone hanyalah 10% dari seluruh populasi dunia.

Google menyadari hal itu, dan pada pembukaan event Google I/O hari ini mereka pun meluncurkan sebuah proyek yang disebut Android One. Lewat proyek tersebut, Google berusaha membuat sebuah referensi pembuatan smartphone yang murah, namun tetap berkualitas. Nantinya, referensi tersebut bisa digunakan oleh seluruh produsen smartphone yang ingin bekerja sama. Hal ini bisa sangat menguntungkan bagi para produsen smartphone tersebut, yang biasanya menghabiskan waktu hingga lebih dari 9 bulan untuk merancang pembuatan sebuah produk.

Android One

Layaknya smartphone biasa, produk dari Android One nantinya akan memakai sistem operasi Android, dengan dukungan update secara rutin. Produsen pun dibebaskan apabila mereka ingin merubah tampilan Android di dalamnya, sesuai keinginan mereka.

Dalam sesi Keynote di pembukaan Google I/O, Sundar Pichai, Wakil Presiden Senior bidang Pengembangan Aplikasi dan Chrome di Google, menampilkan sebuah contoh smartphone yang dihasilkan Android One. Smartphone tersebut dibuat oleh sebuah produsen yang bernama Micromax. Layarnya hanya 4,5 inchi, namun sudah mempunyai fitur dual Sim Card, slot SD Card, dan Radio FM. Fitur-fitur tersebut adalah yang paling banyak digemari oleh pengguna di negara berkembang, yang merupakan target penjualan Android One. Selain Micromax, ada Karbonn Mobile dan Spice Mobile yang juga telah siap untuk bekerja sama.

Android One 1

India, akan menjadi negara pertama yang menjadi target Google untuk menjual Android One. Rencananya, smartphone super murah ini akan dipasarkan dengan harga yang tidak mencapai 100 Dollar (Rp 1.200.000). Bahkan sepertinya akan lebih murah daripada Asus Zenfone 4. Kita tunggu saja nanti penampakannya di pasar smartphone tanah air.

Sumber Gambar : techcrunch.com, theverge.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>