Android L, Sistem Operasi Terbaru Google dengan Material Design

Android L

Seperti yang saya kabarkan sebelumnya, Google benar-benar menampilkan sistem operasi terbaru mereka, yang merupakan penerus dari Android KitKat (Android 4.4), dalam gelaran Google I/O 2014. Sayangnya, Google tampak masih malu-malu untuk menyebutkan namanya, atau mungkin mereka memang belum menentukan nama yang tepat untuk sistem operasi terbaru mereka ini. Karena itulah, Android yang mungkin merupakan Android versi 4.5 atau Android versi 5.0 ini (simak bedanya di artikel berikut), hanya disebut dengan nama Android L.

Lalu apa saja perubahan yang terjadi di Android L?

Material Design

Dalam event Google I/O tahun ini, Android menampilkan sebuah design baru untuk seluruh layanan mereka, mulai dari Android, Gmail, dan lain-lain. Mereka memberinya nama Material Design (google.com/design). Secara umum, Material Design tampak lebih elegan, jauh berbeda dengan tampilan Android lama yang terkesan statis dan tidak keren. Lebih jelasnya tentang tampilan Material Design, simak video berikut.

Notifikasi

Android L 1

Pada Android L, anda bisa langsung mengakses pemberitahuan yang masuk, lewat Lock Screen (smartphone dalam kondisi terkunci). Anda tak perlu menarik panel yang tersembunyi di bagian atas layar, karena panel notifikasi kini menjadi satu dengan Lock Screen. Ada 3 pilihan gerakan / gesture yang bisa dilakukan; tekan sekali untuk memperjelas notifikasi, tekan dua kali untuk langsung melihat atau membalas notifikasi, serta geser / swipe untuk menghapus notifikasi.

Berjalan Lewat Android Runtime

Android L 3

Android L akan berjalan pada jalur khusus yang bernama Android Runtime, yang sebenarnya telah diluncurkan bersamaan dengan Android KitKat. Dengan jalur khusus ini, aplikasi yang berjalan di Android L bisa menjadi 2 kali lebih cepat dibanding apabila berjalan di Android versi sebelumnya. Ia akan memakai lebih sedikit memory dan berjalan secara lebih efisien.

Dengan pengembangan ini, Android L jadi lebih leluasa menggunakan Android Extension Pack, yang bisa menunjang untuk menjalankan game yang ‘berat’. Ruang yang tersisa karena efisiensi Android Runtime, bisa digunakan untuk menjalankan game tersebut. Bayangkan saja sebuah smartphone yang menjalankan Android L dengan mesin NVidia Tegra K1, pasti akan jadi kombinasi yang menakjubkan.

Kapan Android Akan Meluncurkan Android L Secara Resmi?

Android L 2

Google mengatakan kalau preview Android L sudah bisa diakses oleh para developer untuk ‘bermain-main’. Adapun untuk peluncuran secara resmi, sekaligus pengumuman namanya, akan dilakukan sekitar bulan Agustus atau September tahun ini. Bagaimana tebakan anda, masih berpikir tentang nama Lollypop atau Lemon Drop?

Sumber Gambar : techcrunch.com, theverge.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>