Android 4.5 atau Android 5.0 Akan Diumumkan di Google I/O 2014

Android Timeline

Di artikel sebelumnya saya menyebutkan bahwa Google mungkin akan meluncurkan update terbaru untuk sistem operasi Android pada event Google I/O tahun ini. Hari ini, datang kepastian dari Sundar Pichai, Pimpinan Pengembangan Android di Google, kalau preview dari Android versi baru tersebut memang akan diumumkan pada Google I/O 2014. Menurut Pichai, hal ini menunjukkan komitmen Google untuk menjadi perusahaan yang transparan, terbuka akan apapun yang sedang mereka kembangkan.

Android versi terbaru ini bisa jadi merupakan Android 4.5 (apabila perubahan yang ditambahkan tidak begitu besar), atau Android 5.0 (bila perubahan yang ditambahkan merupakan perubahan yang besar). Untuk penamaan, Sundar Pichai mengatakan kalau mereka tetap akan memakai pakem yang telah diikuti sebelumnya. Ini artinya, karena Android versi terbaru yang ada sekarang (Android 4.4 atau KitKat) memakai nama makanan yang berawalan huruf K, maka versi yang lebih baru haruslah mempunyai nama makanan yang berawalan huruf L. Dugaan pun bermunculan tentang nama tersebut, bisa jadi Lemon Drop, atau mungkin Lollypop?

Untuk mengetahui kepastian peluncuran Android versi terbaru ini, kita bisa mengikuti Live Streaming Google I/O, atau mengikuti Nonton Bareng Google I/O (I/O Extended) di kota masing-masing. Pengumuman Android versi terbaru ini sepertinya akan dibawakan langsung oleh Larry Page, Chief Executive Officer (CEO) dari Google, pada sesi Keynote. Penjelasan tentang Android baru tersebut juga akan dilanjutkan dalam sebuah sesi yang berjudul “What’s New in Android” (Apa yang Baru di Android?). Sesi tersebut akan diisi oleh 2 orang programmer berpengalaman di Google, Chet Haase dan Dan Sandler. Beruntung bagi kita, baik sesi Keynote maupun sesi ‘What’s New in Android”, keduanya sama-sama akan disiarkan secara langsung oleh Google.

Sebuah Bocoran Tentang Android L

Android L, begitulah Android versi terbaru ini dikenal, sebelum Google mengumumkan nama yang akan mereka gunakan untuknya. Belum lagi diluncurkan, screenshot dari yang diduga sebagai wujud Android L mulai bermunculan di tengah-tengah masyarakat. Pembaca bisa melihatnya di gambar berikut.

Google Android L

Bila dilihat di pojok kiri atas, ada sebuah logo yang mirip huruf L. Sebelumnya, kita juga pernah melihat kemunculan screenshot dengan logo K di pojok kiri atasnya, menjelang peluncuran Android 4.4 atau KitKat oleh Google. Belajar dari pengalaman itu, para penggemar Android meyakini kalau screenshot di atas juga merupakan wujud dari Android L. Benar atau tidaknya, kita lihat nanti malam.

Sumber Gambar : reddit.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>