Amazon Fire Phone, Smartphone dengan Teknologi Paling Canggih Saat Ini

Amazon Fire Phone

Amazon akhirnya benar-benar meluncurkan smartphone, dan mereka memberinya nama Fire Phone. Sesuai namanya (Fire adalah Api dalam Bahasa Inggris), smartphone ini benar-benar ‘panas’, karena Amazon melengkapinya dengan teknologi-teknologi terbaru yang masih hangat. Selain teknologi baru tersebut, Amazon juga membuatnya dengan ukuran 4.7 inchi yang begitu pas di genggaman tangan, dan penampilan body yang elegan.

Amazon Fire Phone 1

Apa saja yang membuat Fire Phone menjadi smartphone paling canggih saat ini?

Tampilan Dynamic Perspective, 3 Dimensi Bohong-Bohongan

Sebelum diluncurkan, banyak yang mengatakan kalau Amazon akan merilis sebuah smartphone dengan tampilan 3 Dimensi (3D). Sebuah iklan yang diluncurkan Amazon seperti mendukung hal tersebut, karena menunjukkan bagaimana beberapa pengguna memutar-mutar smartphone di tangan mereka. Anda bisa melihatnya di video berikut.

Ternyata, Amazon tidak (atau mungkin belum sanggup) membuat fitur tampilan 3 Dimensi untuk Fire Phone. Tapi mereka menggantinya dengan sebuah teknologi yang disebut Dynamic Perspective. Dengan teknologi ini, tampilan Fire Phone akan terus bergerak mengikuti posisi wajah kita di depan layar. Tampilan ketika kita melihat layar dari sisi kiri smartphone, akan berbeda dengan tampilan apabila kita melihat layar dari sisi kanan. Lebih jelasnya, simak video berikut.

Bagaimana Amazon melakukannya? Ternyata mereka menambahkan 4 kamera sensor di 4 sudut smartphone, untuk mengetahui posisi wajah kita di depan layar. Setiap wajah kita bergerak, Fire Phone akan mengetahuinya. Amazon mengatakan kalau mereka telah mengujinya pada jutaan bentuk wajah, hingga mereka yakin kalau kamera sensor mereka bisa membedakan wajah yang asli dan wajah yang hanya berasal dari foto atau gambar kartun.

Firefly yang Bisa Mengenal Segalanya

Beberapa aplikasi mobile, dibuat untuk mengenali sesuatu yang kita lihat atau dengarkan. Shazam contohnya, kita gunakan untuk mengenali judul lagu yang diputar di sekitar kita. Peekster kita gunakan untuk mencari berita lain dari artikel yang sedang kita baca. Selain itu masih banyak lagi aplikasi mobile untuk mengenali baju, perhiasan, dan barang-barang fashion lainnya. Aplikasi tersebut juga bisa memberitahukan berapa harganya dan di mana kita bisa membelinya. Adapun fitur Firefly di Amazon Fire Phone, mengumpulkan semua aplikasi tersebut dalam sebuah fitur yang lebih canggih.

Sesuai namanya, di dalam aplikasi Firefly (Bahasa Inggris untuk kunang-kunang), kita akan menemukan banyak sekali kunang-kunang yang berkumpul di tengah layar. Apabila kita mengarahkan kamera ke suatu objek, kunang-kunang tersebut akan bergerak mengelilingi objek yang kita sorot, untuk kemudian memprosesnya. Dengan Firefly kita bisa mengenali sebuah musik seperti yang dilakukan Shazam. Dengan Firefly juga kita bisa mengenali beragam objek, untuk kemudian mengetahui harganya di Amazon. Musik dan produk tersebut juga bisa langsung kita beli di berbagai layanan Amazon. Firefly juga bisa mengenali sebuah nomor telepon yang berada di tengah tulisan, untuk kemudian meneleponnya.

Kamera Tajam Dengan Storage Tak Terbatas

Kamera Fire Phone

Dalam rilis Fire Phone, Amazon menampilkan sebuah perbandingan hasil foto dari Samsung Galaxy S5 yang mereka sebut sedikit blur, dan hasil foto dari iPhone 5S yang mereka sebut kurang jernih. Mereka pun menampilkan hasil foto dari Amazon Fire Phone yang lebih jernih dan natural. Semua berkat kamera berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa yang lebih mumpuni. Mereka juga memberikan akses pada para pengguna Fire Phone untuk menyimpan foto di Amazon Cloud Drive, tanpa batasan kapasitas penyimpanan.

Earphone Anti Kusut

Sering kesal bila menemukan earphone yang kita simpan ternyata dalam kondisi kusut? Dengan earphone dari Amazon Fire Phone, kita tidak akan mengalami hal itu lagi. Earphone ini dilengkapi dengan kabel penghubung yang pipih dan magnet di bagian belakang earphone untuk menghindari kabel menjadi kusut. Apakah Amazon akan membuat earphone semacam itu untuk smartphone lain? Belum ada informasi terkait hal itu, tapi kita harapkan Amazon mempunyai rencana untuk melakukan hal itu.

Spesifikasi Lengkap Fire Phone

Spesifikasi Amazon Fire Phone 1Spesifikasi Amazon Fire Phone 2

Kesimpulan

Dengan teknologi Dynamic Perspective dan Firefly saja, Amazon Fire Phone telah bisa disebut sebagai smartphone paling canggih saat ini. Sayangnya, Amazon lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi Amazon Fire. Sistem operasi ini memang berasal dari sistem operasi Android, tapi bukan Android yang sebenarnya. Akibatnya, kita tak bisa mengakses Google Play Store, karena hanya ada Amazon Appstore di sana. Bagi yang biasa menggunakan smartphone berbasis Android, pasti akan sedikit kecewa karena tak banyak pilihan aplikasi yang tersedia.

Di sisi lain, Amazon menyediakan layanan lengkap bagi anda yang sudah menjadi pelanggan layanan-layanan Amazon, seperti layanan Kindle, layanan Video Berbayar, dan lain-lain. Dan sejak awal rilis Fire Phone, Jeff Bezos, Chief Executive Officer (CEO) di Amazon, mengatakan kalau Fire Phone adalah smartphone canggih yang memang mereka sediakan untuk pelanggan layanan-layanan mereka. Bagi anda yang bukan pelanggan Amazon, sepertinya anda harus rela untuk mengorbankan pengalaman menyenangkan ketika menggunakan smartphone Android, demi kecanggihan Fire Phone.

Kapan sampai di Indonesia? Amazon berencana untuk mulai memasarkannya sekitar 1-2 bulan lagi. Bagi pembaca yang berminat, bisa langsung mengunjungi Website Resmi Amazon untuk memesannya.

Sumber Gambar : pcmag.com, techsuplex.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>