Alibaba Mulai Menyerang Amerika, Luncurkan Toko Online Pertama

Alibaba Amerika

Setelah lama muncul gonjang-ganjing tentang invasi Alibaba ke Amerika Serikat, akhirnya Alibaba resmi meluncurkan toko online mereka di sana. Mereka memberinya nama 11Main, identik dengan Main Street, nama jalan yang selalu ada di setiap kota di Amerika Serikat. Sebelumnya, Alibaba juga telah mengguncang Amerika dengan rencana mereka untuk masuk ke bursa saham di sana, dengan nilai yang fantastis. Mereka juga telah melakukan akuisisi terhadap beberapa startup kecil di bidang e-commerce yang berdomisili di Amerika, seperti Vendio, Auctiva, dan SingleFeed. Ibarat sebuah perang, Alibaba telah menyiapkan pangkalan-pangkalan militer mereka di sekeliling Amerika. Dan 11Main menjadi tembakan pertama yang mereka arahkan ke pasukan e-commerce negara adidaya tersebut.

Alibaba memang telah menjadi platform e-commerce terbesar di China, dan sebenarnya mereka bisa langsung menjadi sukses bila mereka masuk ke negara berkembang seperti Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia baru mempunyai e-commerce kelas menengah seperti TokoBagus yang telah berganti nama, Berniaga, dan BukaLapak. Kebanyakan di antaranya hanyalah tiruan dari website Amazon yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Rocket Internet, belum ada keterikatan emosi yang erat antara mereka dengan konsumen. Asal mendapat dana yang cukup untuk membuat sebuah platform E-Commerce, kita bisa saja menyaingi nama-nama yang telah saya sebutkan tadi. Apalagi kalau yang membuatnya adalah Alibaba, yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun di China.

11Main

Alibaba lebih memilih untuk melakukan serangan ke pasar yang lebih besar, Amerika Serikat. Celakanya, di sana telah ada banyak pemain besar e-commerce seperti Amazon, eBay, dan Walmart. Selama bertahun-tahun, mereka terus mendominasi pasar e-commerce di negeri Paman Sam tersebut. Pengaruh mereka terhadap masyarakat Amerika sangat sulit untuk disaingi. Alibaba sadar betul akan hal itu, dan mereka pun telah menyiapkan sebuah strategi khusus untuk itu. Main11 merupakan tembakan pertama untuk mengawali serangan.

Penempatan Mike Effle sebagai Presiden 11Main

Alibaba membeli Vendio, sebuah startup pembuat platform e-commerce, pada tahun 2010. Hal tersebut otomatis membawa Mike Effle menjadi bagian dari Alibaba. Mike Effle adalah seorang tokoh penuh pengalaman di Vendio yang telah malang melintang di dunia e-commerce sejak tahun 1999. Ketika mereka membuat 11Main, Effle adalah orang yang tepat untuk mengatur segalanya untuk mereka. Effle pun ditunjuk sebagai Presiden untuk 11Main.

Tampilan 11Main yang Mirip Pinterest

11Main tidak menggunakan tampilan konvensional untuk website mereka. Tampilan persegi yang elegan ala Pinterest menjadi pilihan Alibaba untuk 11Main. Mereka seperti sadar betul kalau tampilan seperti itulah yang saat ini disukai masyarakat. Dan hal itu pula yang membuat Pinterest tetap menjadi primadona jika kita ingin mencari barang.

Koneksi dengan Jaringan Alibaba yang Lain

Menurut Mike Effle, 11Main tak akan lepas dari jaringan utama Alibaba. Banyak penjual di 11Main yang sebenarnya telah membuka ‘lapak’ di e-commerce milik Alibaba yang lain. Mereka pun berjanji untuk memberikan pilihan barang yang sangat beragam, dengan harga yang lebih murah. Harga yang bersaing jelas bisa menjadi daya tarik untuk memancing pengunjung ke 11Main. Adapun pilihan barang yang banyak bisa membantu Alibaba untuk mengetahui jenis barang yang disukai masyarakat Amerika.

Lalu bagaimana dengan supply barang? 11Main juga tidak akan kehilangan supply karena mereka bisa mendapatkannya dari startup-startup mereka yang lain. Hal inilah yang mungkin akan senjata pamungkas Alibaba untuk bisa menguasai pasar e-commerce di Amerika Serikat.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>