Airtasker, Solusi Mencari Bantuan Jasa di Australia

airtasker website

Jika di Indonesia lagi heboh-hebohnya aplikasi jasa berbasis transportasi seperti Go-Jek, lain lagi di Australia. Go-Jek sendiri saat ini tidaknya terpaku pada bisnis jasa transportasi saja, namun juga jasa pijat, bersih-bersih, belanja dan lain sebagainya. Nah Australia juga ternyata memiliki start-up serupa yang berbass industri jasa, Airtasker namanya. Airtasker yang memiliki tagline “Get More Done” ini didirikan pada tahun 2012 oleh dua orang teman Tim Fung dan Jonathan Lui. Ide membuat aplikasi ini bermula ketika mereka berdua berniat pindah apartment dan sadar bahwa mereka butuh sekali bantuan orang lain dan saat itu sempat kebingungan mencari bantuan. Sekarang dengan mem-post pekerjaan di Airtasker, akan ada orang-orang yang menawarkan bantuan untuk menolong, dengan sejumlah bayaran tentunya.

Dari jasa bersih-bersih rumah hingga jasa merakit perabotan rumah.

Jasa yang dapat dibantu di aplikasi ini tidak hanya terbatas pada bersih-bersih, pengantaran barang dan berkebun, tapi juga mencakup perakitan barang-barang rumah tangga, admin kantor, bantuan tenaga ahli IT hingga beberapa permintaan yang kadang agak aneh seperti membantu mengantri saat diskonan barang hingga menjaga kucing dan anjing di rumah.

airtasker website

 

what is Airtasker

Biaya yang tertera untuk setiap pekerjaan akan dibuat oleh Job Poster sesuai dengan kemampuan dia dan para pencari kerja akan mulai menawar dan memberikan info tentang apa saja yang bisa dia lakukan dengan dana yang dipost oleh Job Poster tersebut. Setiap transaksi jasa yang ditawarkan di Airtasker akan dipotong 15% untuk Airtasker Fee dan sudah termasuk pajak barang dan jasa.

Task Screenshot Airtasker

 

Untuk para Job Hunter juga tidak perlu khawatir tidak akan dibayar oleh Job Poster, karena ketika pekerjaan sudah ditugaskan Airtasker akan langsung menahan uang sejumlah harga yang disepakati dari pencari pekerja untuk nantinya diberikan ke Job Hunter setelah pekerjaan selesai dikerjakan. Hal ini juga berlaku untuk para Job Poster yang ternyata pekerjaan tidak dikerjakan oleh orang yang sudah ditugaskan, uangnya akan kembali secara utuh. Aplikasi ini juga tergolong berhasil berkembang di negara ini karena kebutuh domestic manpower memang sangat dibutuhkan, mengingat banyak sekali eksekutif muda ataupun suami istri yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumahnya sendiri. Faktor kepercayaan juga amat sangat dibutuhkan di aplikasi ini, beberapa Job Poster bahkan berani meninggalkan kunci di letterbox agar orang yang mereka tugaskan dapat masuk ke rumah mereka untuk membersihkan rumah, wah applicable ga yah sistem semacam ini di Indonesia?

Meidiana

Spend most of her time to enjoy the life and travel. Saint Augustine said "The World is a book, and those who do not travel read only a page". I want to finish my book then.

More Posts - Website

Follow Me:
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>