Acer Liquid Jade, Smartphone Super Ringan Yang Kemahalan

Acer Liquid Jade

Sehari sebelum pembukaan Indocomtech 2014, Acer berusaha menggebrak pasar smartphone tanah air dengan menghadirkan 2 produk terbaru mereka, yaitu Acer Liquid Jade, dan Acer Liquid Z500. Keduanya bagaikan saudara kembar yang punya banyak sekali kemiripan. Sebagai awal, kami akan membahas tentang sang kakak terlebih dahulu, yaitu Acer Liquid Jade.

Spesifikasi Lengkap Acer Liquid Jade

Prosesor Quad Core, Mediatek MT6582 1,3 GHz
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Ukuran Layar 5 inchi (720 x 1280 piksel)
Kamera 13 megapiksel (kamera utama) + 2 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android 4.4.2 (KitKat)
Baterai 2100 mAh
Lain-Lain Dual SIM, Gorilla Glass 3, Slot MicroSD, FM Radio
Harga Rp 3.600.000

Desain

Acer Liquid Jade

Secara desain, Acer mencoba untuk menanamkan kesan elegan pada body Liquid Jade. Karena itu mereka membuatnya dengan bezel (frame yang mengelilingi layar) yang begitu tipis. Hal ini juga diikuti dengan body yang begitu tipis, yang kemudian membuatnya menjadi begitu ringan. Berat yang hanya 110 gram menjadikannya sebagai smartphone teringan di kelasnya, hanya sanggup didekati oleh LG G2 Mini yang mempunyai berat 121 gram. Sayangnya, Acer membungkus bagian belakang Liquid Jade dengan bahan plastik licin yang terkesan murah, dan biasa digunakan oleh smartphone-smartphone lokal seperti Mito dan Advan.

Prosesor

Sebagai mesin utama, Acer memilih produk Quad-Core Mediatek yang cukup terkenal, MT6582. Prosesor ini merupakan pilihan utama bagi banyak smartphone yang menginginkan performa optimal namun dengan harga yang rendah, khas Mediatek. Untuk pasar smartphone bermesin 4 (Quad-Core) yang memakai produk Mediatek, praktis hanya Sony Xperia C dan Xiaomi Redmi saja yang menggunakan MT6589, sisanya menggunakan MT6582 seperti Liquid Jade ini. Oleh karena itu, performa Liquid Jade pun diharapkan akan sebanding dengan LG G3 Stylus, Huawei Honor 3C, dan Lenovo S860.

Harga

Acer Liquid Jade

Anehnya, dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan Huawei Honor 3C (harga Rp 2.200.000), Acer Liquid Jade malah dibanderol dengan harga yang begitu tinggi, yaitu Rp 3.600.000. Harga ini bahkan sedikit di atas Samsung Galaxy Grand 2 dan jauh di atas LG G2 Mini, padahal secara spesifikasi kedua smartphone pembanding itu jelas lebih unggul. Walaupun sama-sama menggunakan prosesor Quad-Core, namun G2 Mini dan Grand 2 menggunakan produk Qualcomm yang secara umum lebih mumpuni dan lebih ramah terhadap baterai.

Kesimpulan

Mungkin Acer beralasan kalau harganya yang cukup mahal tersebut akan terbayar dengan desain yang elegan dan ringan. Namun hal itu bisa mudah terjawab dengan LG G2 Mini yang hampir sama ringannya dengan Liquid Jade, dengan desain yang juga tidak begitu buruk. Bahkan, bila kita melihat dari kejauhan, tampilan luar Liquid Jade dan G2 Mini cenderung mirip. Bagaimana dengan kamera? Samsung Galaxy Grand 2 terbukti merupakan smartphone dengan kamera yang terbaik di kelasnya, dan Acer belum mampu untuk membantah hal tersebut.

Bila ditambah dengan belum jelasnya smartphone ini apakah akan mendapat update Android Lollipop atau tidak, serta pelayanan purnajual (aftersales) Acer yang tidak sebaik pesaing-pesaingnya, maka lengkaplah Acer Liquid Jade sebagai smartphone ringan yang kemahalan.

Bagaimana dengan anda, tertarikkah untuk membeli Acer Liquid Jade ini?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>