7 Tips Agar Anda Bisa Mendapat Banyak Like di Instagram

Instagram Photo

Demam Instagram terus melanda dunia, tak terkecuali Indonesia. Kini, Instagram telah menjadi platform yang dipenuhi oleh para Food Blogger, Fashion Blogger, Selebritis, hingga para penjual Baju dan Aksesoris. Menariknya tampilan foto di Instagram, serta penggunaannya yang sederhana, membuat Instagram jadi tempat yang pas untuk berkumpulnya para trend setter tersebut. Secara total, di seluruh dunia sudah ada 300 juta pengguna yang aktif menggunakan Instagram. Apabila ditambah dengan pengguna pasif yang hanya sesekali membuka Instagram, maka jumlahnya akan jadi lebih banyak lagi.

Menariknya, di Instagram ada 2 jenis pengguna; pengguna yang gambar-gambarnya selalu terlihat cantik dan menarik, dan pengguna yang terlihat sebaliknya. Namun jangan gampang percaya dulu, karena banyak gambar di Instagram yang merupakan hasil editing. Foto tersebut dibuat sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian pengguna lain. Hal itu tidak menjadi masalah, selama proses editing tersebut tidak merugikan orang lain, seperti para calon pembeli misalnya. Dan siapapun anda, sah-sah saja untuk melakukan proses editing demi mempercantik gambar / foto anda.

Sebenarnya ada tips dan trik yang bisa digunakan, agar seorang pengguna Instagram biasa bisa tampil dengan foto-foto menarik seperti para Selebriti, Fashion Blogger, dan orang-orang terkenal lain di Instagram. Apa saja?

Jangan Mengambil Foto Dengan Aplikasi Instagram

Aplikasi kamera di Instagram punya banyak keterbatasan, seperti tidak bisa mengatur zoom dan fokus. Untuk itu, lebih baik kita menggunakan aplikasi lain yang bisa membantu kita mendapatkan hasil foto yang lebih bagus. Saat ini, sudah banyak aplikasi fotografi seperti Rookie, Camera+, dan Cortex Cam yang bisa menyediakan pengaturan tambahan seperti White Balance, dan Camera Stabilizer. Kita juga bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone kita yang biasanya juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik.

Instagram 3

Setelah foto yang bagus kita dapatkan, baru kemudian kita post di Instagram.

Perhatikan Komposisi Gambar

Pengambilan gambar untuk Instagram memerlukan teknik khusus. Tidak semua gambar menjadi bagus dengan menempatkan objek yang menjadi fokus tepat di tengah gambar. Jangan juga menambahkan terlalu banyak ornamen selain objek utama, sehingga bisa membuat bingung orang yang melihat.

Instagram 1

Foto-foto Instagram biasanya diposting dengan bentuk kotak / Square. Beberapa aplikasi kamera bawaan smartphone ada yang sudah menyediakan fitur agar foto yang kita ambil langsung berukuran Square. Usahakan hindari fitur ini. Ambil foto dengan ukuran standard, namun sisakan space di kiri dan kanan agar objek tidak terpotong ketika dicrop. Baru ketika akan posting di Instagram, gunakan fitur crop yang disediakan oleh Instagram.

Ambil Banyak Foto

Kesalahan banyak pengguna Instagram adalah mereka hanya mengambil 1 atau 2 foto ketika sedang berada dalam sebuah momen. Ketika akan memposting foto, mereka pun kecewa karena baru sadar kalau foto yang diambil tidak ada yang sempurna. Minimal ambillah 5 foto untuk setiap momen. Nantinya anda bisa memilih mana foto yang terbaik, dan membuang foto-foto lainnya.

Instagram 2

Jangan Pernah Gunakan Flash

Terutama apabila anda merupakan seorang Food Blogger, jangan pernah gunakan flash. Flash yang ada di kamera dan smartphone akan membuat makanan yang difoto tampak buruk. Apalagi jika anda melakukannya di dalam restoran, pasti akan mengganggu pengunjung lain. Apabila anda ingin membuat gambar tampak lebih terang atau semacamnya, simak tips selanjutnya di bawah ini.

Edit Foto Sebelum Posting

Instagram memang menyediakan fitur editing foto, namun sangat terbatas. Karena itu usahakan untuk menggunakan aplikasi editing foto untuk membuat foto anda lebih indah. Aplikasi-aplikasi seperti Pixlr, Facetune, Camera360, atau Perfect365. Sebagai informasi, para seleb dan orang-orang terkenal di Instagram pun mengakui kalau mereka bisa menggunakan beberapa aplikasi editing sekaligus, hanya untuk memperbaiki sebuah foto yang akan diposting di Instagram.

Jangan Merasa Cukup dengan Filter di Instagram

Selain editing, ada lagi proses lain yang harus dilakukan sebelum memposting foto di Instagram, yaitu menambahkan filter. Filter ini berguna untuk membuat kesan vintage, black and white, dan sebagainya. Instagram juga sudah menyediakan banyak filter yang menarik. Namun jangan pernah merasa cukup dengan semua filter di Instagram. Rookie, Faded, dan Camera+ merupakan aplikasi-aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menambahkan filter lain, yang tidak terdapat di Instagram.

Instagram 4

Teliti Kesukaan Pengguna Instagram

Apa yang anda cari ketika memposting foto di Instagram? Banyak ‘Like’? Apabila itu tujuan anda, coba deh cari tahu foto seperti apa yang paling banyak mendapat ‘Like’. Curalate, sebuah perusahaan analisa gambar, mengatakan kalau mereka telah menganalisa 8 juta gambar di Instagram, dan hasilnya: gambar yang lebih terang lebih banyak disukai daripada gambar yang gelap, gambar berwarna biru lebih banyak mendapat like daripada gambar berwarna merah. Adapun untuk foto makanan, tag yang paling sering digunakan adalah #breakfast. untuk analisa lebih lengkap, silakan simak website mereka. Apabila anda menyukai dunia Fashion, ada juga website Chictopia, yang menyediakan algoritma untuk menentukan apakah outfit yang anda gunakan sudah baik atau belum.

Apabila cara-cara di atas sudah anda lakukan, semoga foto-foto di Instagram akan mendapatkan banyak Like dan akan banyak follower berdatangan ke akun Instagram anda.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. TamuNumpangLewat says:

    Gimana dengan hastag? ngaruh gak? Jika iya, ada saran utk pemilihan hastagnya? Cuma kepikiran, kalo gambar udah bagus, tapi ga pake hastag dan minim follower. Nah itu gimana caranya mereka bisa aware dengan gambar kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>